Jakarta (ANTARA News) - Tahun ini jamaah haji Indonesia tidak perlu repot membawa sendiri koper mereka dari lobi ke kamar hotel karena penyelenggara layanan haji sudah memastikan layanan hotel mencakup pengangkutan koper jamaah sampai ke kamar hotel sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan tahun ini.

"Tahun lalu, angkut koper dari lobi hotel ke kamar dilakukan oleh jamaah. Tahun ini kita minta pemilik hotel sediakan petugas angkut koper jamaah dari lobi ke kamar," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis dalam siaran pers kementerian, Sabtu.

Sri juga memastikan hotel tetap menyediakan air mineral satu liter per hari per anggota jamaah sebagaimana tahun sebelumnya.

Pemerintah telah menyewa 165 hotel di Makkah dan 107 hotel di Madinah, yang kualitasnya minimal setara dengan hotel bintang tiga, untuk akomodasi jamaah haji Indonesia.

Di Makkah, hotel jamaah yang terjauh dari Masjidil Haram jaraknya 4.390 meter dan yang terdekat 900 meter. Sementara di Madinah, hotel jamaah yang paling jauh dari Masjid Nabawi jaraknya sekitar 650 meter dari masjid.

"Semua masuk wilayah Markaziah," kata Sri.

Baca juga: Pemerintah sewa tiga tahun 16 hotel untuk jamaah haji di Makkah
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018