Jakarta (ANTARA News) - Kartunis Muhammad "Mice" Misrad mengatakan bahwa Gerardus Mayela Sudarta atau lebih dikenal dengan nama GM Sudarta dijadwalkan menggelar pameran bersama enam kartunis lainnya pada Oktober 2018.

"Temanya Art Cartoon yang digarap di atas media kanvas. Sepertinya Pak GM sudah membuat dua. Kemungkinan nanti tema pameran itu akan diubah menjadi `Tribute to GM Sudarta`," kata Mice saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Mice mengatakan pameran tersebut direncanakan diadakan di Bentara Budaya Jakarta. Selain GM Sudarta dan Mice, kartunis lain yang akan terlibat adalah Tommy Thomdean, Didi SW, Beng Rahadian, Ika W Burhan dan Rahardi Handining.

Mice mengaku kaget saat mendengar kabar kematian GM Sudarta. Secara pribadi dia merasa kehilangan, apalagi akan ada hajat besar yang akan dia adakan bersama GM Sudarta.

"Ketakutan terbesar saya adalah tidak ada yang bisa menggantikan Pak GM. Bibit kartunis opini kita saat ini sangat kurang. Belum ada lagi kartunis opini yang sehalus Pak GM," tuturnya.

Mice menyebut GM Sudarta sebagai kartunis opini terbaik, bahkan sampai saat ini. Tidak ada kartunis opini yang bisa memandang dunia politik dengan cara yang lucu, santun, tegas dan kritis seperti GM Sudarta.

GM Sudarta meninggal dalam usia 73 tahun pada Sabtu pukul 08.25 WIB. Jenazah kartunis kelahiran 2 September 1945 itu disemayamkan di Rumah Duka Sinar Kasih, Batu Tulis, Bogor.

Menurut informasi dari pihak keluarga di rumah duka, jenazah GM Sudarta akan dikremasi di krematorium Rumah Sakit Sentra Medika, Cibinong pada Senin (2/7) pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018