Jakarta (ANTARA News) - Enam pemain kompetisi Liga Indonesia berbagi pengalaman dan kemampuan dalam mengolah si kulit budar di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Kelima pemain tersebut adalah Nasir dari Arema FC, Ricky Fajrin dari Bali United, Imam Arief Darian dari Persib Bandung, Gusti Sandria dari PSMS Medan, Muhammad Syukron dari PSIS Semarang dan Sahrul Kurniawan dari PSS Sleman.

Kedatangan pemain dari Liga 1 dan 2 ini diprakarsai oleh Indofood yang merupakan salah satu sponsor yang dibela oleh pemain yang secara khusus didatangkan untuk menyemarakkan kegiatan tahunan dalam rangkaian hari ulang tahun DKI Jakarta itu.

Selain berbagi kemampuan, keenam pemain ini juga mendapatkan kesempatan berinteraksi langsung dengan perwakilan suporter masing-masing klub. Selain itu juga diminta bercerita terkait pengalaman yang unik selama bermain sepak bola pada kompetisi Liga Indonesia.

Seperti pemain Arema FC, Nasir. Pemain muda itu mengaku grogi saat turun di lapangan. Apalagi jika ada ribuan Aremania yang memadati stadion. Hanya saja, seiring perjalanan waktu mampu diatasi.

"Memang itu sempat mengganggu. Tapoli akhirnya saya bisa mengatasi. Aremania saya jadikan motivasi untuk bermain bagus. Satu lagi, tarik nafas panjang saat masuk lapangan, " kata Nasir dengan tersenyum.

Hal yang berbeda dialami Ricky Fajrin. Pemain langganan timnas itu sering tidak percaya diri jika berhadapan dengan pemain senior meski dirinya selalu menjadi pilihan pelatih saat di timnas maupun di Bali United.

"Kalau sekarang sudah tidak terlalu. Kami tahu jika di lapangan tidak ada junior dan senior. Kalau di luar lapangan baru ada. Prinsip saya bola boleh lewat tapi orangnya jangan," kata Ricky Fajrin.

Pengalaman cukup berharga dimiliki penjaga gawang Persib Bandung, Imam Arief yaitu mampu memblok pinalti pemain naturalisasi Raphael Maitimo pada kompetisi 2017. Saat itu dirinya masih memperkuat Barito Putra.

"Itu salah satu pengalaman yang saya ingat. Intinya menjadi penjaga gawang itu harus sigap dan mampu memahami karakter pemain lawan. Apalagi saat menghadali tendangan pinalti," kata Imam menjelaskan.

Sementara itu Consumer Activation Manager Corporate Marketing Indofood Irma Prianti mengatakan saat ini pihaknya telah mendukung klub Liga Indonesia baik yang turun di Liga 1 maupun 2. Tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

"Untuk tahun ini saja ada empat. Termasuk Arema FC. Untuk sebelumnya kami sudah melakukan kerja sama panjang dengan Persib Bandung dan Bali United," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, untuk mendukung sebuah klub tidak hanya didasarkan pada jumlah pendukungnya saja, namun banyak pula indikator yang harus dipenuhi. Pada intinya kerja sama yang dibangun harus menguntungkan kedua belah pihak.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018