Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Uruguay melaju ke perempat final Piala Dunia 2018 usai menaklukkan Portugal dengan skor 2-1 di babak 16 besar yang digelar di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, Minggu dini hari WIB.

Dipantau dari laman FIFA di Jakarta, Minggu, penyerang Edinson Cavani menjadi pahlawan timnya di laga tersebut dengan mencetak dua gol masing-masing pada menit ketujuh dan ke-62.

Baca juga: Uruguay singkirkan Portugal 2-1 di Piala Dunia

Dua gol tersebut membuat koleksi gol Cavani di Piala Dunia 2018 bertambah menjadi tiga gol.

Sementara itu, satu-satunya gol Portugal dicetak oleh Pepe di menit ke-55.

Dalam pertandingan tersebut, kedua tim berupaya keras menampilkan permainan terbaiknya dengan menurunkan para pemain unggulan di sektor depan.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez memainkan duet penyerang Edinson Cavani dan Luis Suarez sejak menit pertama. Sementara kubu Portugal mengandalkan salah satu pemain terbaik sepanjang masa sepak bola, Cristiano Ronaldo.

Portugal mengambil inisiatif serangan sejak sepak mula. Di menit keempat, tendangan Ronaldo sukses diamankan kiper Fernando Muslera.

Namun, tiga menit kemudian petaka datang menghampiri mereka karena bola hasil sundulan Edinson Cavani menghujam deras ke gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio.

Cavani menorehkan gol usai sukses memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Portugal.

Baca juga: Uruguay ungguli Portugal 1-0 babak pertama Piala Dunia

Kedua tim lalu tenggelam dalam usaha-usaha mencetak gol. Pada menit ke-22, Uruguay nyaris membuat skor menjadi 2-0, tetapi tendangan bebas Luis Suares masih dapat ditepis dengan susah payah oleh Patricio.

Skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay pun bertahan sampai masa jeda.

Di babak kedua, pertandingan berjalan semakin ketat. Saat 10 menit berjalan, Portugal sukses menyamakan kedudukan melalui sundulan Pepe memanfaatkan umpan Raphael Guerreiro.

Kemudian, Portugal tak berhenti menggempur Uruguay untuk mencetak gol kedua. Namun, serangan cepat Uruguay di menit ke-62 kembali menjadi petaka bagi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dari Portugal.

Bola yang berasal dari kiper Fernando Muslera dioper kilat ke depan dan akhirnya dikuasai Rodrigo Bentacur, yang kemudian mengirimkan bola silang ke Edinson Cavani, dan langsung menendang bola masuk ke gawang Rui Patricio.

Skor 2-1 membuat intensitas laga meningkat, tetapi tak ada gol tambahan tercipta. Uruguay pun berhak ke perempat final untuk menghadapi Prancis pada Jumat (6/7) waktu Rusia.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Uruguay: Fernando Muslera, Jose Gimenez, Diego Godin (kapten), Rodrigo Bentacur (63` Cristian Rodriguez), Nahitan Nandez (81`, Carlos Sanchez), Luis Suarez, Lucas Torreira, Matias Vecino, Diego Laxalt, Edinson Cavani (74`, Cristhian Stuani), Martin Caceres.

Portugal: Rui Patricio, Pepe, Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Cristiano Ronaldo (kapten), Joao Mario (84`, Manuel Fernandez), Bernardo Silva, William, Ricardo, Goncalo Guedes (74`, Andre Silva), Adrien Silva (65`, Ricardo Quaresma).

Baca juga: Portugal ubah tiga susunan pemain lawan Uruguay
Baca juga: Satu pemain tak sanggup hentikan Ronaldo, kata pelatih Uruguay Tabarez
Baca juga: Uruguay punya "kunci" untuk menjinakkan Ronaldo
Baca juga: Galeri foto pembuktian Uruguay raja Grup A

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018