Bandarlampung (ANTARA News) - Pertandingan Spanyol melawan Rusia harus melalui perpanjangan waktu setelah keduanya bermain imbang 1-1 selama 90 menit pada laga 16 besar putaran final Piala Dunia 2018.

Memasuki babak kedua, Rusia langsung menekan, namun kandas di barisan pertahanan Spanyol.

Pada menit ke-51 Spanyol mendapat tendangan bebas setelah Nacho dilanggar Aleksandr Golovin, namun bola hasil sundulan Diego Costa hanya melambung di atas mistar gawang Rusia.

Spanyol menguasai laga dan mengurung pertahanan Rusia setengah lapangan, dengan memainkan bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Para pemain Rusia turun dan tak satu pun yang ada di daerah Spanyol, namun ketika mereka mendapatkan bola langsung menyerang bersama-sama.

Pada menit ke-53 wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Ilya Kutepov setelah menahan laju Isco cukup keras. Isco mengambil tendangan bebas ke area penalti namun dihalau Rusia.

Isco menjadi inspirasi serangan ketika pada menit ke-58 menggiring bola ke sebelah kanan pertahanan Rusia, dan sempat memberikan bola ke rekannya yang langsung diteruskan ke dirinya, saat berada di dalam kotak penalti lawan, namun tendangannya diblok sehingga menciptakan tendangan penjuru.

Guna mengatur serangan kedua tim mengganti beberapa pemain, seperti di Rusia memasukkan Denis Cheryshev menggantikan Aleksandr Samedov serta Artem Dzyuba diganti oleh Fyodor Smolov. Begitu juga di Spanyol pelatih memasukkan Iniesta menggantikan David Silva dan memasukkan Daniel Carvajal menggantikan Nacho.

Memasuki menit ke-70, para pemain Rusia pun terus menerapkan pertahanan berlapis dengan turun semuanya, dan sesekali maju saat mendapatkan bola untuk melakukan penyerangan, dan dengan cepat kembali ke pertahanan kala kehilangan bola.

Bebeberapa kali pemain Spanyol mencoba memainkan bola di daerah pertahanan mereka guna menarik pemain Rusia untuk maju, namun pemain lawan tak terpancing.

Serangan Spanyol dengan bola-bola atas lebih banyak kandas di jantung pertahanan Rusia yang kawal pemainnya berpostur tubuh rata-rata lebih tinggi.

Costa pun diganti pada menit ke-80. Menit ke-85 Iniesta berhasil menendang bolak ke arah gawang namun dapat dihalau kiper, bola muntah pun yang disambar pemain pengganti Costa dan mendatar dapat ditepis penjaga gawang itu.

Sementara pada babak pertama, Tim Spanyol dan Rusia bermain imbang 1-1 di babak pertama pada babak enam belas besar putaran final Piala Dunia 2018, melalui gol bunuh diri pemain belakang Rusia Sergei Ighnashevich dan Artem Dzyuba.

(T013/B015)

Baca juga: Rusia vs Spanyol sementara imbang 1-1

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018