Jakarta (ANTARA News) - Rusia merebut tiket perempat final Piala Dunia 2018 seusai menyudahi perlawanan Spanyol melalui babak adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion Luzhniki, Minggu malam tadi.

Selain terciptanya sejarah pergantian pemain keempat pada babak tambahan waktu di Piala Dunia, pertandingan ini menyisakan sejumlah catatan sebagaimana dilansir Opta.

Baca juga: Spanyol terkena kutukan tuan rumah, ditaklukkan Rusia via adu penalti

- Rusia lolos ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak pecahnya Uni Soviet.

- Tim-tim tuan rumah memenangkan lima pertandingan melalui adu penalti di Piala Dunia, sejak Italia dikalahkan Argentina pada semifinal 1990.

- Spanyol menuntaskan 1.006 kali passing dalam satu laga. Selisih 21 operan dari Rusia yang melepaskan 1.027 passing tapi dalam empat pertandingan secara keseluruhan.

- Gol bunuh diri pemain Rusia, Sergei Ignashevich, merupakan gol bunuh diri ke-10 di Piala Dunia 2018. Dua kali lipat dari Piala Dunia 2014 sebanyak 5 gol.

- Termasuk babak adu penalti pada laga ini, kiper Spanyol David De Gea cuma melakukan satu penyelamatan dari empat pertandingannya Piala Dunia 2018.

- Meski Spanyol memimpin selama 29 menit 52 detik di babak pertama (antara menit ke-12 hingga 41), La Roja tidak bisa melepaskan tembakan pertamanya ke gawang Rusia hingga menit ke-45.

Baca juga: Saat taktik menyerang Spanyol dimatikan pertahanan disiplin Rusia

 

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018