Jakarta (ANTARA News) - Partai Rakyat Kamboja (CPP) baru saja memperingati ulang tahun ke-67, yang peran signifikannya membawa rakyat Kamboja untuk merdeka, menggulingkan dan mencegah kembalinya tirani Pol Pot, membangun negara damai dan makmur yang diakui dan dihargai oleh masyarakat internasional.

Sejak didirikan pada 28 Juni 1951, CPP telah membuktikan dirinya sebagai partai rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, memimpin gerakan perjuangan rakyat Kamboja untuk kemerdekaan nasional, penghapusan rejim genosida Pol Pot, mempromosikan rekonsiliasi nasional dan membawa pencapaian besar bagi negara.

Saat ini, Kamboja menikmati perdamaian, stabilitas politik dan kemajuan besar di semua bidang, dan orang Kamboja semakin merasakan pentingnya perdamaian, tenaga kerja positif untuk membawa negara lebih maju dan sejahtera.

Selama 39 tahun terakhir, sejak CPP, yang dapat dikatakan satu- satunya kekuatan politik yang memimpin perjuangan rakyat untuk menggulingkan rezim Pol Pot dengan kemenangan bersejarah pada 7 Januari 1979, secara konsisten mengambil sikap. Hal ini didasarkan pada prinsip persatuan nasional untuk memainkan peran penting dalam mewujudkan rekonsiliasi nasional.

CPP, dengan tujuan dan cita-cita yang sama dengan orang-orang dalam semua keadaan, telah mengatasi banyak rintangan, kesulitan, tidak takut berkorban untuk kemerdekaan negara Kamboja, perdamaian, kebebasan, demokrasi, netralitas dan perkembangan sosial.

Sebagai kekuatan inti negara dalam proses mencari perdamaian dan keharmonisan nasional, partai ini berperan membuat Kamboja melakukan perubahan besar yang mengesankan terutama di bidang sosio-ekonomi. Melalui pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi dan berkelanjutan serta pemerataan pertumbuhan, pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan penghidupan masyarakat, Kamboja bukan lagi negara berpenghasilan rendah dan berusaha mewujudkan visinya menjadi kelas menengah berpenghasilan tinggi pada tahun 2030 dan negara berpenghasilan tinggi pada 2050.

Kamboja secara aktif berpartisipasi dalam kesetaraan dalam urusan internasional. Sebagai negara yang telah menjadi penerima bantuan pasukan pemelihara perdamaian PBB, sekarang berpartisipasi dalam operasi pemeliharaan perdamaian PBB di banyak negara.

Terkait hubungannya dengan Indonesia, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara besar, sahabat lama, masa kini dan masa datang bagi Kamboja. Karena itu, saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Kamboja Sudirman Haseng di Peace Palace, Pnom Penh, Jumat (23/6), dia mengharapkan Indonesia terus mendukung berbagai kebijakan pemerintahannya untuk menjaga stabilitas, perdamaian, keamanan dan pertumbuhan ekonomi. Hun Sen juga menegaskan bahwa Indonesia memiliki peran besar dengan mengirimkan misi perdamaian yang sangat diterima oleh masyarakat Kamboja.

Usaha maksimal dalam peningkatan hubungan bilateral dengan kerja sama di segala sektor dan rencana kegiatan bersama untuk merayakan hubungan diplomatik kedua negara yang ke-60 pada 2019 juga disampaikan oleh Sudirman dalam pertemuan kunjungan kehormatan tersebut. Hubungan erat Indonesia dan Kamboja telah dibina sejak era Presiden Soekarno dan Raja Norodom Sihanouk.

Kamboja saat ini merupakan salah satu negara yang sangat menjanjikan untuk menjalin kerja sama khususnya di bidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Kamboja dalam 20 tahun terakhir berada pada kisaran enam hingga tujuh persen, yang membuat negara tersebut telah keluar dari kategori negara berpenghasilan rendah pada 2016.

Berdasarkan pencapaian ini, Ketua CPP Hun Sen menegaskan bahwa ketakutan di masa lalu, bencana, perpecahan dan kerugian yang diderita oleh rakyat Kamboja telah berakhir.

Saat ini masyarakat Kamboja hidup di Tanah Air yang damai dengan penuh harmoni dan kesempatan bagi semua orang, terutama generasi muda. CPP, dengan dukungan rakyat di seluruh negeri, berkewajiban untuk terus dengan teguh melindungi pencapaian jangka panjang bangsa, untuk membuat kemajuan baru, dan tidak mengizinkan kekuatan politik atau kelompok lain untuk memiliki perbuatan buruk menghancurkan pencapaian ini.



Ledakan pembangunan sosial-ekonomi

Di bawah kepemimpinan CPP, ekonomi Kamboja telah berkembang pada tingkat yang relatif tinggi selama bertahun-tahun. Kondisi kehidupan rakyat telah meningkat secara signifikan melalui norma-norma sosial, terutama pertumbuhan PDB dari tingkat 1.042 dolar AS per orang pada tahun 2013 naik jadi 1.435 dolar pada tahun 2017 dan akan 1.563 dolar pada tahun 2018.

Angka kemiskinan telah menurun drastis dari 53,5 persen pada tahun 2004 menjadi 13,5 persen pada tahun 2014 dan terus menurun lebih lanjut dalam 2017. Tingkat pengangguran di Kamboja telah turun menjadi 0,3 persen sementara kemiskinan berusaha untuk dihapuskan pada tahun 2018.

Pada tahun 2017, arus masuk investasi langsung asing (FDI) yang tercatat dalam neraca pembayaran berkisar dari 16 persen hingga 17 persen setiap tahun, sekitar 2500 juta dolar, dan dapat mencapai sekitar 3000 juta dolar pada tahun 2018. Pertumbuhan ekonomi Kamboja terus memastikan soliditasnya di masa depan dengan cadangan devisa Kamboja tumbuh dengan baik.

Dalam beberapa bulan terakhir, impor dan ekspor komoditas terus tumbuh kuat dengan volume pertumbuhan PDB. Kegiatan grosir dan eceran terus membaik. Pariwisata terus tumbuh dengan baik, sementara pinjaman dari bank swasta tetap kuat dan solid. Tanah dan real estat - indikator utama kepercayaan dalam ekonomi - terus diisi dengan meningkatnya nilai dan harga. Hubungan Kamboja dengan negara-negara asing dan organisasi internasional telah membaik.

Pada 2018, ekonomi Kamboja diperkirakan tumbuh tujuh persen. Pertanian diperkirakan akan mencapai 1,8 persen. Industri akan terus mempertahankan pertumbuhan yang solid pada 10 persen berkat pertumbuhan yang kuat dalam konstruksi serta pakaian. Industri lain diperkirakan akan mencapai pertumbuhan yang baik sebesar 11,9 persen karena perluasan investasi yang ada dan investasi baru di sektor nonmanufaktur, yang merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Sektor jasa diperkirakan tumbuh tujuh persen. Pariwisata terus tumbuh pada tingkat pertumbuhan 4,5 persen, total penjualan dan penjualan ritel sebesar 7,2 persen, didorong oleh pertumbuhan yang diharapkan dalam konsumsi domestik.

Sektor real estat akan memastikan pertumbuhan yang solid sebesar 8,5 persen. Inflasi diperkirakan sebesar 3,4 persen. Nilai tukar riil untuk dolar AS diperkirakan akan stabil di sekitar Rs 4.050/dolar AS. Secara keseluruhan, pada tahun 2018, ekonomi Kamboja terus menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang lebih kuat dan lebih kuat.



Masa depan sudah di depan

Berbagai kegiatan di dalam negeri termasuk Kongres CPP pada 19 Januari lalu diselenggarakan dalam iklim politik netral dan aman. Tugas CPP untuk menjaga perdamaian dan stabilitas politik adalah syarat penting untuk memastikan bahwa warga Kamboja menjalani kehidupan yang damai dan berkelanjutan.

"Kami bertekad untuk melawan tindakan yang menghasut dan menyebabkan kerusuhan sosial dan akhirnya mendorong negara itu ke dalam kekacauan," kata Presiden CPP Samdech Hun Sen.

Menurut dia, CPP akan terus aktif menerapkan dasar atau platform politik partai dan strategi pembangunan quadripartite dari Pemerintah Kerajaan, terutama untuk lebih mendorong reformasi negara. dan pelaksanaan/implementasi kebijakan yang efektif, memperkuat tindakan mengakhiri isu-isu sosial yang negatif untuk memenuhi harapan masyarakat.

Hun Sen mengimbau semua anggota partai dan rekan senegaranya untuk terus mengharmoniskan sebagai keluarga besar di bawah konstitusi untuk melindungi dan mempromosikan semua pencapaian sosial, terutama perdamaian jangka panjang, pertimbangkan ini aset yang paling berharga dan terbesar. Diharapkan, semua kader partai di seluruh tingkatan harus memberi contoh dan menerapkan prinsip dan kebijakan Pemerintah di bawah motto "Berani berpikir, berani melakukan, bertanggung jawab."

Selama bertahun-tahun menderita dalam perang, terutama di bawah rezim Pol Pot, orang-orang Kamboja sekarang memahami nilai perdamaian yang luar biasa, yang menunjukkan peran menonjol dari CPP. CPP berkomitmen untuk terus berdiri berdampingan dengan orang-orang untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan membawa Kamboja berkembang, berintegrasi dengan dunia dan kawasan.





 

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018