Jakarta (ANTARA News) - Setelah sempat sama-sama mengistirahatkan pemain di laga pamungkas fase penyisihan grup masing-masing, baik tim nasional Belgia maupun Jepang, menurunkan kekuatan penuh ketika berhadapan untuk laga putaran 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov Arena, Rostov-on-Don, Rusia, Selasa dini hari WIB.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, tetap konsisten menggunakan skema 3-4-2-1 untuk kali keempat beruntun, namun kali ini menurunkan nama-nama yang sempat diistirahatkan di laga sebelumnya.

Hanya saja, bek gaek Vincent Kompany untuk kali pertama turun sejak awal laga setelah ia dinyatakan cukup bugar dari pemulihan cedera yang dijalaninya. Kompany mengisi posisi bek tengah yang di tiga laga sebelumnya selalu diisi Dedryck Boyata.

Kompany didampingi Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen di lini belakang Belgia, sedangkan Dries Mertens dan Eden Hazard menyokong lini kedua serangan di belakang penyerang tunggal Romelu Lukaku.

Sebaliknya, hal serupa juga dilakukan oleh pelatih Jepang Akira Nishino yang kembali ke skema 4-2-3-1 setelah di laga terakhir sempat memakai 4-4-2.

Shinji Kagawa kembali menjadi pengatur serangan utama dalam trio lini serang kedua Jepang bersama Genki Haraguchi dan Takashi Inui yang menopang ujung tombak Yuya Osako.

Pemenang laga ini akan menghadapi Brazil yang sudah menunggu di perempat final setelah mencatatkan kemenangan 2-0 atas Meksiko.

Baca juga: Prediksi Belgia vs Jepang

Baca juga: Firmino cetak gol, haruskah Brazil ganti penyerang di perempat final?

Baca juga: Kemenangan Brazil atas Meksiko dalam galeri foto

Baca juga: Brazil ke perempat final setelah kalahkan Meksiko 2-0


Susunan pemain seturut laman resmi FIFA :

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Yannick Carrasco; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki; Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako
Pelatih: Akira Nishino

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018