Manado (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Sulawesi Utara mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca, agar masyarakat mewaspadai hujan lebat dan angin kencang.

"Waspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Sutikno di Manado, Rabu.

Wilayah-wilayah yang berpeluang dilanda cuaca tersebut yaitu Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, dan Bolaang Mongondow Selatan.

Cuaca pada siang hari, ?kata dia, berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Kota Tomohon, Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Selanjutnya, hujan ringan hingga sedang di wilayah Kota Manado, Bitung, Tondano (Kabupaten Minahasa), Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), dan Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara).

Hujan lebat diperkirakan terjadi di Kota Kotamobagu, Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow), Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Kota Kotamobagu, Molibagu, Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro) dan Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe).

Sementara dini hari nanti, diperkirakan hujan ringan bersifat lokal di wilayah Bitung, Kotamobagu, Ondong Siau dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

"Suhu udara berkisar antara 17-32 derajat selsius dengan kelembaban antara 65?95 persen, sedangkan kecepatan angin yang bertiup dari Selatan-Utara diperkirakan 10-20 kilometer per jam," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Sulut

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018