Jakarta (ANTARA News) - Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyepakati membangun kerja sama dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

"Untuk membangun kerja sama, kita tadi sudah menyepakati adanya tim kerja bersama untuk menghadapi agenda Pileg dan Pilpres 2019. Kemudian, masing-masing tim menindaklanjutinya dengan melakukan pertemuan lanjutan," kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto usai bertemu dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu petang. 

Menurut dia, dalam pertemuan itu, pihaknya juga membahas bagaimana partai pengusung Joko Widodo bisa membangun kerja sama untuk kemenangan Jokowi di Pilpres 2019.

"PKB dan Golkar ini kan, mempunyai elektabilitas yang mencukupi untuk mensupport Presiden Jokowi," katanya. 

Dalam pertemuan yang juga dihadiri para petinggi Partai Golkar dan PKB ini, kata Menteri Perindustrian ini, tidak membahas poros ketiga, namun hanya mambahas poros yang mendukung.

"Saat ini, Pak Presiden didukung juga oleh PKB dan Golkar," ujarnya.

Airlangga juga menepis bahwa pertemuan bersama Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar untuk meloby agar Cak Imin tidak maju sebagai cawapres Jokowi di Pilpres. 

"Lobby itu kan ke pak presiden, kalau ini kan adalah kita kerja bersama, membangun pengertian bersama, dan menatap masa depan bersama," kata Airlangga. 

Sementara itu,  Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, mengatakan, PKB merasa nyaman dan enak bekerja sama dengan Golkar, baik di parlemen ataupun di pemerintahan.

"Golkar dan PKB, pendukung pemerintah pak Jokowi hari ini. Kerja sama ini harus terus diupayakan langsung secara produktif bagi keberlangsungan yang telah berjalan baik,  terutama menuntaskan pemerintahan pak Jokowi ini," kata Cak Imin.
Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Muhaimin Iskandar (kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang saat melakukan pertemuan di DPP Partai PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Rabu (4/7/2018). Pertemuan tersebut membahas dukungan partai koalisi untuk Pemilihan Umum Presiden 2019. (ANTARA/Galih Pradipta)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018