Manado (ANTARA News) - Landasan pacu Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, akan diperpanjang menjadi 3.000 meter dari panjang saat ini 2.650 meter.

Dalam rentang waktu 2012-2017, aktivitas di Bandara Internasional Sam Ratulangi tercatat sebanyak 2,71 juta pemakai jasa penerbangan, 27,000 pergerakan pesawat terbang, serta 14,76.000 ton kargo.

"Melihat angka yang terus naik, wajar jika Bandara Sam Ratulangi harus direnovasi. Pemerintah daerah telah melobi Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura 1 untuk rencana itu. Mudah-mudahan segera terealisasi," kata Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, di Manado, Kamis.

Rencananya program renovasi bandara mencakup perpanjangan landasan pacu menjadi 3.000 meter, revitalisasi terminal pemakai jasa penerbangan, perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya, dan sebagainya. "Saat ini diperlukan percepatan renovasi dan perluasan bandara," kata

Ini sebagai langkah antisipasi pergerakan pertumbuhan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara yang semakin meningkat beberapa tahun terakhir.

"Kami butuh infrastruktur penunjang yang memadai untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan beberapa waktu terakhir ini," katanya.
 

Pewarta: Karel Polakitan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018