Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan memfokuskan pertandingan pertama pada babak  penyisihan menyusul pengundian grup cabang sepak bola Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta, Kamis.

Tim sepak bola putra Indonesia masuk dalam grup A pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu bersama tim Hong Kong, tim Laos, dan tim Taiwan.

"Sepertinya ini doa dari seluruh masyarakat Indonesia, tapi kami harus tetap bersiap. Kami tidak dapat menganggap remeh lawan-lawan di grup A," kata Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria selepas pengundian cabang sepak bola Asian Games.

Tim sepak bola nasional, lanjut Tisha, akan mempersiapkan pertandingan pertama penyisihan grup A dalam latihan uji coba tertutup meskipun telah menggelar sejumlah pertandingan uji coba dengan tim-tim sepak bola lain Asia.

"Kami berharap dapat lolos fase penyisihan grup lebih dahulu. Target yang telah disepakati PSSI bersama pemerintah adalah lolos ke putaran semifinal," kata Tisha.

Tisha mengatakan optimisme tim sepak bola nasional Indonesia untuk melewati pertandingan penyisihan grup muncul setelah penyelenggaraan kejuaraan uji coba dengan tim Suriah, Bahrain, Uzbekistan, Korea Utara, Korea Selatan, dan Thailand.

"Kami sudah menggelar uji coba dengan tim-tim U-23 di grup sebelah yang punya peringkat di atas kita. Tapi, kami sadar akan ada perubahan susuan pemain dalam tim yang akan bertanding dalam Asian Games," kata Tisha.

Timnas Merah-Putih, menurut Tisha, dapat mengimbangi permainan bahkan mendominasi tim-tim di grup A setelah meggelar uji coba dengan tujuh tim lain Asia dengan peringkat lebih tinggi dari tim Indonesia.

"Kami tidak dapat memungkiri bahwa kami masih mempunyai beban. Maka, pertandingan pertama akan sangat krusial," ujarnya.

Berikut hasil pengundian pertandingan sepak bola putra Asian Games 2018;

Grup A: Indonesia, Hong Kong, Laos, Taiwan
Grup B: Thailand, Uzbekistan, Bangladesh, Qatar
Grup C: Irak, China, Timor-Leste, Suriah
Grup D: Jepang, Vietnam, Pakistan, Nepal
Grup E: Korea Selatan, Kirgistan, Malaysia, Bahrain
Grup F: Korea Utara, Arab Saudi, Iran, Myanmar.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018