Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan berupaya memastikan keamanan dan kualitas makanan bagi para atlet selama berlangsungnya Asian Games 2018.

"Kami sudah memegang komitmen untuk menjaga kualitas dan kesehatan pangan seluruh atlet yang akan berlaga dalam kompetisi olah raga Asian Games," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto di Jakarta, Jumat.

Selama perhelatan tersebut, pihaknya akan mengerahkan 55 petugas keamanan pangan (food safety) untuk memeriksa kualitas serta keamanan makanan bagi para atlet.

"Seluruh petugas itu akan disebar di hotel-hotel yang ditempati oleh para atlet selama Asian Games, termasuk juga wisma atlet. Jadi, kami akan memastikan kualitas dan kemananan pangan mereka," ujar Koesmedi.

Dalam menjalankan tugasnya, dia menuturkan, para petugas tersebut akan melakukan pemeriksaan pangan secara menyeluruh, mulai dari bentuk awal berupa bahan baku hingga proses pengolahannya.

"Bahkan, para petugas itu juga akan melakukan pemeriksaan sebelum makanan-makanan disajikan untuk para atlet. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab para petugas food safety," katanya.

Dia mengungkapkan para petugas tersebut juga diwajibkan untuk melakukan inventarisasi sekaligus memeriksa makanan yang dijajakan di restoran-restoran yang berada di sekitar arena Asian Games.

"Setelah restoran tersebut diperiksa, kami akan memasang stiker bertuliskan `Aman Saji`. Pemeriksaan makanan di restoran sekitar venue itu juga dilakukan untuk menjamin keamanan pangan para atlet," ungkap Koesmedi.

 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018