Meksiko (ANTARA News) - Sedikitnya 17 orang tewas, termasuk beberapa petugas penyelamat yang sedang menyelamatkan korban lainnya, dalam serangkaian ledakan pada Kamis di gudang kembang api di Meksiko tengah, kata para pejabat.

Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat, kemudian menyebar ke gudang lainnya saat polisi dan petugas pemadam kebakaran mulai merawat korban dari ledakan pertama di Kota Tultepec, demikian seperti dilaporkan Kamis.

"Kami turut berduka bagi mereka yang tewas pagi ini di La Sucera, Tultepec, termasuk rekan pemadam kebakaran dan polisi kami yang gugur saat berusaha menyelamatkan para korban," ujar Palang Merah negara bagian Meksiko, tempat Tultepec berada.

Gubernur Alfredo del Mazo memerintahkan menteri dalam negeri dan kesehatan negara bagian Meksiko untuk segera mendatangi tempat kejadian dan menemui para korban dan keluarga mereka.

Ledakan itu sedikitnya menghancurkan empat gudang sebelum keadaan akhirnya berhasil dikendalikan, lapor surat kabar Reforma.

Kota Tultepec dikenal sebagai produsen kembang api yang digunakan warga Meksiko untuk merayakan liburan dan hari keagamaan. Kota tersebut juga pernah dilanda ledakan dahsyat di masa lalu.

Pada Desember 2016, 42 orang tewas dan 70 lainnya terluka dalam serangkaian ledakan besar di pasar Tultepec San Pablito, pasar kembang api terbesar di negara bagian tersebut.
 

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018