Jakarta (ANTARA News) - Sebuah pesan yang berisi imbauan agar pengemudi membuka semua kaca mobil lalu menghidupkan pendingin udara (AC) sebelum berkendara untuk menghilangkan racun benzene dalam mobil, masih terus beredar hingga saat ini melalui beragam aplikasi pesan maupun media sosial.

Dalam pesan berantai itu tertulis salah satu jaringan diler Toyota sebagai sumber informasi tersebut

KLAIM:  Pengguna mobil yang tidak membuka jendela saat akan berkendara akan menghirup racun benzene yang dapat memicu kanker.

Berikut isi kutipan pesan berantai tersebut:
"Mau naik mobil? O.K. boleh, buka semua kaca, lalu nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan tersebut dapat ditutup kaca-kaca nya kembali. Tidak heran, semakin banyak orang meninggal karena kanker.
Kita bertanya-tanya dari mana saja penyebabnya?"

"Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil,sofa, pengharum mobil bisa menghasilkan Benzene , racun penyebab kanker (karsinogen).Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene."

"Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada  15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40X dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi.Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil, tidak membuka jendela sama sekali, berakibat akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh anda."


RATING: Salah/Misinformasi

Manajer Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), Rouli Sijabat, menyatakan pesan berantai yang mengatasnamakan salah satu jaringan dealer Toyota itu merupakan tidak benar, alias hoaks.

"Broadcast message sudah dari beberapa tahun yang lalu beredar di media sosial, dan kami sudah menjelaskan bahwa itu hoaks," kata dia, Jumat.

Selain itu, studi di Jerman yang diterbitkan pada 2007, secara khusus meneliti bahwa tidak ditemukan bahaya untuk kesehatan manusia pada udara dari dalam mobil yang diparkir.

REFERENSI:
Cek fakta: Membuka kaca mobil sebelum hidupkan AC, mitos atau fakta?
 

Pewarta: Tim Jacx
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2018