Jakarta (ANTARA News) - Gol-gol dari Raphael Varane dan Antoine Griezmann mengantar Prancis menang 2-0 atas Uruguay sekaligus membawa Les Blues sebagai tim pertama yang menembus semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia, Jumat.

Berdasarkan statistik FIFA, Prancis memiliki 58 persen penguasaan bola berbanding 42 persen dari Uruguay. Kendati kedua tim sama-sama melepaskan 11 tembakan, namun pasukan Didier Deschamps itu lebih tajam di mulut gawang karena mencetak dua gol dari dua peluang on-target.

Uruguay tidak mampu mencetak gol padahal memiliki empat peluang on-target, enam sepakan melenceng dan satu peluang yang diblokir pemain Prancis.

Prancis akan melawan pemenang antara Brasil melawan Belgia di babak semifinal yang akan digelar pada 10 Juli mendatang.

Baca juga: Griezmann jadi pemain terbaik laga Prancis vs Uruguay
Baca juga: Prancis kalahkan Uruguay 2-0 di perempat final Piala Dunia


Berikut catatan-catatan laga Prancis vs Uruguay dilansir Opta:

- Prancis mencapai semifinal Piala Dunia untuk keenam kalinya. Dua kali menembus final pada 1998 dan 2006.
- Prancis tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan Piala Dunia terakhirnya saat melawan tim Amerika Selatan (6 menang, 4 seri), sejak kalah 1-2 dari Argentina pada 1978, menyamai Italia dengan 10 laga tak terkalahkan melawan tim Amerika Selatan pada 1982 sampai 2010.
- Ini adalah pertandingan kompetitif pertama Uruguay saat Edinson Cavani dan Luis Suarez tidak dimainkan bersama sejak Maret 2017, saat dikalahkan Brasil 1-4.
- Prancis tidak pernah kalah dalam 20 pertandingan saat Antoine Griezmann mencetak gol (menang 18, seri 2.
- Raphael Varane mencetak gol ketiganya untuk Prancis, dan semuanya melalui sundulan.
- Striker Uruguay Luis Suarez tidak berhasil melakukan satupun sentuhan di kotak penalti lawan, bahkan gagal melepaskan tembakan selama pertandingan.

Berikut foto kemenangan Prancis atas Uruguay:
Bek Prancis Raphael Varane (kiri) mencetak gol dari sundulan pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Prancis di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod (6 Juli 2018). (JOHANNES EISELE / AFP)
 
Bek Prancis Raphael Varane melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka (6 Juli 2018). (Mladen ANTONOV / AFP)
 
Antoine Griezmann Prancis merayakan golnya dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua mereka Sepak Bola Piala Dunia Perempat Final Uruguay vs Prancis di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, (6 Juli 2018) (REUTERS / Damir Sagolj)
 
Bek Prancis Raphael Varane (kanan) merayakan golnya dengan pemain depan Prancis Antoine Griezmann  (6 Juli 2018). (Mladen ANTONOV /AFP)
 
Kiper Uruguay Fernando Muslera membelokkan bola ke gawangnya pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Prancis di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod (6 Juli 2018). (Johannes EiseLE / AFP)
 
Penjaga gawang Prancis Hugo Lloris melompat untuk melakukan penyelamatan gawangnya pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Prancis di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod (6 Juli 2018). (Johannes EiseLE / AFP)
 
Wasit Argentina Nestor Pitana memisahkan pemain pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2018 Rusia antara Uruguay dan Prancis di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod (6 Juli 2018). (Dimitar DILKOFF / AFP)
 
Pemain depan Uruguay Edinson Cavani (kanan) menghibur pemain depan Uruguay Luis Suarez setelah timnya kalah dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2018 antara Uruguay dan Prancis di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod (6 Juli 2018). (Martin BERNETTI / AFP)


 

Pewarta: ANTARA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018