Piala Dunia 2018

Ledekan suporter Belgia untuk Neymar

Ledekan suporter Belgia untuk Neymar

Pemain depan Brasil Neymar mendapatkan perawatan pada putaran 16 besar pertandingan sepak bola Piala Dunia 2018 Rusia antara Brasil dan Meksiko di Samara Arena di Samara (2 Juli 2018). (SAEED KHAN / AFP)

Jakarta (ANTARA News) - Para suporter tim nasional Belgia membuat sebuah gerakan di halaman media jejaring sosial Facebook yang berisi tantangan minum guna meledek pemain Brazil Neymar Jr.

"Selamat minum jika Neymar jatuh," demikian pesan di halaman Facebook itu seperti dikutip Sputnik yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu dini hari.

Pesan dalam halaman pendukung timnas "Setan Merah" itu ditulis dalam tiga bahasa yaitu Inggris, Prancis, dan Belanda.

"Aturannya mudah: setiap kali Neymar jatuh di lapangan, kalian harus minum," isi pesan dalam halaman itu.

Sekitar 10 ribu orang suporter tim Belgia bergabung dalam gerakan itu.

Gerakan meledek Neymar muncul jelang laga perempat final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan tim Samba Brazil dengan tim Setan Merah Belgia di Kazan, Rusia, pada Jumat (6/7) waktu setempat.

Pada Selasa (3/7), penjaga gawang tim nasional Denmark Peter Schmeichel mengkritik aksi Neymar yang dinilai akting di lapangan sebagai tindakan yang tidak pantas dan layak mendapatkan hukuman.

Baca juga: Cetak gol duluan, cara Belgia jinakkan Brasil

Dibela

Namun, rekan senegara Neymar -- Ronaldo dan Rivaldo -- membela dan menyarankan Neymar untuk tetap melanjutkan aksinya selama dibutuhkan.

"Tetaplah bermain sebagaimana biasanya dan jangan pedulikan kritik para pemain dari negara lain," kata Rivaldo dalam media jejaring sosial Instagram pada Rabu (4/7).

"Jika kamu harus menghindari, hindarilah. Jika kamu harus mencetak gol, lakukan. Jika kamu harus jatuh karena pelanggaran, maka jatuhlah. Jika kamu harus menghabiskan waktu berbaring di lapangan, lakukan dan menang. Karena semua orang juga melakukan hal yang sama," ujar Rivaldo.

Baca juga: Belgia singkirkan Brasil 2-1

Sementara, Ronaldo menilai kritik terhadap Neymar sebagai "tindakan bodoh."

"Neymar telah melakukan banyak hal baik untuk tim Brazil, meskipun dia belum menampilkan permainan terbaiknya dalam kejuaraan ini. Neymar menggunakan aksinya dengan bijak demi menghindari permainan yang melanggar dari lawan-lawannya," ujar Ronaldo.

"Pada saat yang sama, wasit tidak melakukan apapun untuk melindunginya. Mereka mempersilakan lawan-lawan untuk melanggar aturan sekali dan berikutnya tanpa ada hukuman," ujar Ronaldo menambahkan.

Neymar menjadi pemain terbaik dalam laga Brazil menghadapi Meksiko pada laga 16 besar. Pertandingan itu dimenangkan tim Samba dengan skor 2-0 dan Neymar menjadi pencetak gol pertama.

Selama pertandingan itu, pemain Meksiko menginjak kaki Neymar yang membuat pemain bernomor punggung 10 itu terjatuh dan menjerit kesakitan.

Para pengguna media jejaring sosial dunia mengejek aksi Neymar sebagai reaksi yang berlebihan.

(T.I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden Brazil yang divonis positif COVID-19, merasa baik-baik saja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar