Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Padang.

"Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan GSI, dan mengedepankan olahraga untuk menghadirkan warga yang sehat," ujar Mendikbud dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Penyelenggaraan GSI tersebut, sebagai wujud menjalankan amanah yang diberikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mencari bibit-bibit muda potensial dalam memajukan persepakbolaan Indonesia.

"Para pemain muda potensial yang muncul dari Gala Siswa ini dapat direkrut oleh PSSI dan Koni untuk menjadi pemain professional, sehingga dapat mewujudkan pembangunan persepakbolaan Indonesia," terang Mendikbud.

Pihaknya mendukung penyelenggaraan GSI yang saat ini sudah masuk pada jenjang kota, dan nantinya akan masuk pada jenjang provinsi, dan nantinya akan masuk pada pertandingan tingkat nasional.

Sekolah dari tiga kecamatan yang berhasil masuk pada tingkat kota terdiri dari 14 SMP, yakni Kecamatan Padang Timur terdiri dari SMPN 30, SMPN 5, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 31, dan SMP Kartikan 1-7; dan pada Kecamatan Padang Utara terdiri dari SMPN 7, SMPN 25, SMPN 40, SMP AL Azhar, dan SMP Pembangunan Labor UNP; sedangkan Kecamatan Nanggalo terdiri dari SMPN 22, SMPN 12, dan SMPN 29.

Selanjutnya, untuk penjadwalan pertandingan GSI Kota Padang sudah dimulai pada tanggal 6 Juli 2018 yang mempertandingkan Kecamatan Padang Timur dan Kecamatan Padang Utara; dan penyelenggaraan tanggal 07 Juli 2018 mempertemukan Kecamatan Padang Timur dan Kecamatan Nanggalo; serta pada penyelenggaraan tanggal 08 Juli 2018 Kecamatan Nanggalo bertemu dengan Kecamatan Padang Utara.

Sementara itu, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharulla, mengucapkan terima kasih kepada Mendikbud dan memberikan apresiasi atas diselenggarakannya GSI.

Penyelenggaraan GSI memberikan aktivitas positif bagi para generasi muda.

"Kami menyambut baik penyelenggaraan GSI, karena kita juga selalu mengedepankan dan menghadirkan warga yang sehat dengan berolahraga. Kegiatan ini akan kami lanjutkan pada masa mendatang," ungkap Mahyeldi.

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018