Pilkada 2018

KPU apresiasi partisipasi pemilih dalam pilgub Jabar

KPU apresiasi partisipasi pemilih dalam pilgub Jabar

Sejumlah petugas membuka kotak suara saat Pleno Rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jabar tingkat kota Bandung, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/7/2018). Rekapitulasi dilakukan berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara yang telah diselenggarakan di tiap kecamatan di Kota Bandung oleh PPK. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Bandung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 serta pilkada di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat, yang mencapai 71 persen.

"Walaupun tingkat partisipasi pemilih masih jauh dari target nasional yang menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Serentak mencapai 73 persen. Namun hasil ini tetap harus diapresiasi," kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, di Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Ditemui disela Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 di Kantor KPU Jawa Barat Jalan Garut Kota Bandung, Minggu, Pramono mengatakan partisipasi atau kesadaran masyarakat dalam menyalurkan hak politiknya di pilkada serentak perlahan mulai mengalami peningkatan.

"Memang ada kecenderungan menurun, tapi di daerah ada kenaikan. Untuk Jawa Barat dari 63 persen pada 2013, sekarang 71 persen di 2018, sekarang capaiannya bukan main, dari upaya yang dilakukan teman-teman itu harus kita apresiasi," katanya.

Baca juga: Hasil rekapitulasi KPU tunjukkan Bandung pilih Ridwan Kamil-Uu

Atas capaian tersebut, KPU menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu dan aparat Polri dan TNI yang ikut serta menjaga situasi dinamika politik di Jawa Barat tetap kondusif.

"Kami ucapkan terima kasih sudah mengawal pesta demokrasi lima tahunan di Jawa Barat ini," ujarnya.

Pramono juga menyampaikan terima kasih kepada empat pasangan calon yang berlaga di Pilgub Jabar 2018 yang telah mengedepankan persaingan sehat sportif.

"Setiap paslon telah berkompetisi sehat, rivalitas politik yang ada bisa dijaga dengan kondisi baik, kita bangun sportivitas untuk menerima hasilnya, ada persaingan, kontestasi, tapi yang penting itu harus ada spirit sportivitas," kata dia.

Baca juga: Petugas jaga ketat akses menuju KPU Jabar

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar