Jakarta (ANTARA News) - Putra bungsu Pangeran William - Kate Middleton, Pangeran Louis, dibaptis di Kapel Royal, Istana St. James, London, Senin waktu setempat. Louis datang dalam gendongan ibunya, Duchess Kate of Cambridge, yang jadi penampilan pertamanya di hadapan publik sejak lahir pada 23 April.

Dikutip USA Today, pembaptisan Louis diselenggarakan pada tanggal yang bersejarah bagi Ratu Elizabeth. 9 Juli 1947 adalah hari ketika pertunangannya dengan Pangeran Philip diumumkan, namun keduanya tidak menghadiri pembaptisan cicitnya.

Ratu Elizabeth (92) sudah menghabiskan pekan yang sibuk di Skotlandia dan kembali ke London untuk menghadapi kesibukan lain termasuk upacara besar pada Selasa dan pertemuan dengan Presiden Donald Trump pada Jumat.

Pangeran Philip (97) sudah pensiun dari acara-acara publik dan jarang terlihat lagi di hadapan khalayak.

Pewaris tahta Inggris urutan kelima bernama lengkap Louis Arthur Charles of Cambridge itu dibaptis di kapel yang sama ketika kakaknya, Pangeran George, dibaptis pada Oktober 2013.

Seperti biasa, pembaptisan hanya mengundang orang-orang terdekat. Selain orangtua, kakek dan nenek seperti Pangeran Charles dan istrinya Duchess Camilla serta Carole dan Michael Middleton, hadir pula pamannya Pangeran Harry dan Duchess Meghan of Sussex serta bibinya dari pihak ibu, Pippa Middleton Matthews dan suaminya James Matthews juga paman James Middleton.

Kakaknya juga hadir, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Pangeran Louis mengenakan baju pembaptisan yang merupakan replika dari baju pembaptisan milik putri tertua Victoria, Puteri Victoria, pada 1841 yang dikenakan juga oleh bayi-bayi kerajaan yang dibaptis, termasuk Ratu Elizabeth, anak-anaknya dan sebagian besar cucunya.

Namun kondisi baju aslinya sudah rapuh sehingga ratu memerintahkan pembuat busananya, Angela Kelly, untuk membuat replika. Cucu Ratu, James, Viscount Severn, putra dari Pangeran Edward, adalah orang pertama dari keluarga yang memakai replika ini dalam pembaptisannya di kapel di Kastil Windsor pada April 2008.

George dan Charlotte juga memakai baju replika ini saat dibaptis.

Baca juga: Keluarga Kerajaan Inggris rilis dua foto Pangeran Louis

Baca juga: Nama anak ketiga Pangeran William berhubungan dengan Harry Potter

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018