Kuningan (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mempromosikan ajang Asian Games lewat Pelatihan Penggerak Olahraga Senam Kebugaran Masyarakat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa.

"Dalam kesempatan ini, saya ingin senam menjadi pondasi penting gerakan hidup sehat di masyarakat sekaligus sebagai ajang mempromosikan Asian Games," kata Menpora yang didampingi Bupati Kuningan Acep Purnama.

Menpora juga mengajak kepada orang tua, guru dan pemerintah daerah setempat untuk terus menggelorakan olahraga menyusul pola hidup generasi muda yang malas bergerak dan lebih banyak berinteraksi dengan ponsel pintar mereka.

"Pada 5 Agustus, Indonesia juga akan memecahkan rekor dunia senam poco-poco yang akan berlangsung di Jakarta. Kegiatan itu sekaligus promosi budaya dan olahraga tradisional Indonesia, termasuk Asian Games," kata Menpora.

Menpora juga meminta dukungan prestasi dan penyelenggaraan Asian Games ke-18 ketika membuka Pertandingan Pencak Silat Sewilayah III Jawa Barat di Kuningan.

"Sejak Indonesia mendapat amanah menjadi tuan rumah Asian Games, saya meminta agar pencak silat turut dipertandingkan. Alhamdulillah, Asian Games pada Agustus cabang pencak silat secara resmi dipertandingkan," kata Menteri asal Bangkalan, Madura itu.

Menpora mengapresiasi daerah-daerah yang secara rutin menggelar pertandingan ataupun kompetisi olahraga Indonesia seperti pencak silat. "Kejuaraan ini dapat menjadi ajang pencarian bibit-bibit atlet pencak silat bagi Indonesia," katanya.

Selain promosi Asian Games dalam berbagai kegiatan kementerian, Menpora juga meminta INASGOC untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia selama penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018