PM Inggris May tunjuk Jeremy Hunt sebagai menlu baru

PM Inggris May tunjuk Jeremy Hunt sebagai menlu baru

Perdana Menteri Inggris Theresa May.(Victoria Jones/Pool via Reuters)

London (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk Jeremy Hunt sebagai menteri luar negeri pada Senin setelah pendahulunya, Boris Johnson, mengundurkan diri sebagai protes atas rencana pemerintah untuk hubungan perdagangan tertutup dengan Uni Eropa.

Penunjukan Hunt, menteri kesehatan yang sudah lama menjabat, yang tampak sebagai sekutu dekat May menggantikan Johnson, dan dapat mengubah keseimbangan Brexit dari tim utama kementerian May.

Sementara Johnson adalah salah satu pengampanye Brexit yang terkemuka, Hunt mendukung "Tetap" selama kampanye referendum 2016.

Meski begitu, Hunt mengatakan kepada LBC Radio pada Oktober 2017 bahwa dia telah mengubah pikirannya tentang masalah ini, sebagian karena apa yang dia katakan mengecewakan "arogansi" dalam perilaku Uni Eropa selama perundingan.

Bulan lalu, Hunt mengatakan tidak pantas bagi perusahaan seperti Airbus untuk mengeluarkan peringatan tentang pemindahan pekerjaan akibat Brexit dan bahwa mereka seharusnya kembali mendukung May dalam usahanya untuk segera meninggalkan Uni Eropa.

"Kehormatan besar untuk diangkat sebagai Menteri Luar Negeri pada saat yang kritis ini dalam sejarah negara kita," katanya dalam sebuah cuitan setelah pengangkatannya.

"Saatnya untuk mendukung perdana menteri kami untuk mendapatkan kesepakatan Brexit yang hebat - sekarang atau tidak sama sekali ...," ujarnya.

Hunt, 51, telah menjabat sebagai menteri kesehatan selama lebih dari 5,5 tahun, jangka terpanjang dalam sejarah Layanan Kesehatan Nasional yang didanai negara, mengatasi serangan dokter, ketidakpuasan publik dengan peningkatan pendanaan serta tantangan lainnya.

Hunt mengatakan itu adalah "kunci besar" baginya untuk meninggalkan departemen tersebut, menambahkan: "Saya tahu beberapa staf belum pernah menemukan Menteri Kesehatan yang paling menyenangkan."

Matt Hancock menggantikan Hunt sebagai menteri kesehatan, sementara Jaksa Agung Jeremy Wright ditunjuk sebagai menteri budaya digital, media dan olahraga, pekerjaan lama Hancock.

Kantor May mengataka, Geoffrey Cox akan menjadi jaksa agung baru, demikian Reuters.

(Uu.KR-DVI/M016)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar