London (ANTARA News) - Ratu Elizabeth dan anggota senior keluarganya menghadiri perayaan untuk memperingati ulang tahun ke-100 Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) pada Selasa, menjelang penerbangan hampir 100 pesawat di atas Istana Buckingham di pusat kota London.

Pesawat "Spitfire" dari masa Perang Dunia Kedua juga akan bergabung dengan jet tempur siluman terbaru milik negara itu, F-35 Lightning, bersama dengan helikopter dan pesawat mata-mata yang akan terbang di langit London pada pukul 12.00 GMT.

Penghormatan kepada RAF, yang menjadi angkatan udara independen pertama di dunia yang didirikan sebagai entitas terpisah dari Angkatan Darat Inggris maupun Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1918, dimulai dengan penampilan personel di Westminster Abbey.

Sekitar 1.300 personel RAF baik pria dan wanita kemudian akan pawai ke dalam mal, pendekatan utama ke Istana Buckingham, sebelum Ratu dan pewaris tahtanya yaitu Pangeran Charles menjadi tuan rumah upacara untuk menghadirkan RAF dengan Warna Ratu yang baru.

Pesawat yang akan terbang rendah berkumpul di lepas pantai Timur Inggris. Setelah terbang menjelajah ke London dan terbang di atas Taman Olimpiade serta pusat keuangan ibukota, suara jet mereka akan menggelegar saat melalui keluarga kerajaan yang akan menyaksikan dari balkon istana.

Pangeran Charles dan putra sulungnya, Pangeran William, keduanya pernah bertugas sebagai pilot RAF.

Kemudian pada Selasa, Pangeran Charles beserta istrinya Camilla, William, serta Pangeran Harry dan istrinya Meghan, akan menjadi tuan rumah resepsi di Istana Buckingham untuk para personel RAF, demikian Reuters.

(Uu.R029/M016)

Pewarta: -
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018