Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mempromosikan film berjudul "22 menit" yang akan ditayangkan secara serentak di seluruh jaringan bioskop XXI di Tanah Air.

Film drama "action" ini diinspirasi dari kisah nyata aksi teror di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat tanggal 14 Januari 2016. Melalui film ini Polri hendak menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme, sekaligus mengajak seluruh elemen untuk meningkatkan kewaspadaan dan penanggulangan terorisme di Indonesia, kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam acara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta.

Tito menambahkan jajaran Polri akan menyelenggarakan acara "nonton bareng" bersama keluarga, jajaran pemda, TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, mahasiswa, dan seluruh elemen masyarakat.

"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh hadirin, pada tanggal 19 Juli 2018 dan seterusnya mari kita beramai-ramai menyaksikan film tersebut. Karena anggaran Polri tidak tersedia maka disarankan menonton di bioskop, mohon maaf dengan bayar sendiri," katanya.

Di bagian lain, ia menyatakan peringatan Hari Bhayangkara ke-72 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan di tempat terbuka dengan parade pasukan dan demonstrasi ketangkasan.

Tahun ini dilaksanakan secara "indoor" di Istora Senayan. Hal ini untuk memberikan nuansa lain yang lebih sipil karena Polri pada dasarnya adalah institusi sipil berseragam. Pemilihan Istora sebagai tempat acara juga untuk mendukung promosi Asian Games 2018 karena Istora merupakan salah satu venue utama, yang telah direnovasi optimal atas instruksi bapak Presiden.

"Peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia pada tanggal 11 Juli hari ini, karena Polri lebih memprioritaskan Operasi Mantap Praja Pengamanan Pilkada yang masih belum tuntas sepenuhnya," katanya.

Baca juga: "22 Menit", film tentang bom Thamrin

Baca juga: Ario Bayu soal peran sebagai polisi di film 22 Menit

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018