Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto membuka seminar Indonesia International Defence Science (IIDS) ke-2 Tahun 2018 yang digelar oleh Universitas Pertahanan (Unhan) selama dua hari Rabu dan Kamis (12/7), di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu. 
     
Seminar IIDS mengangkat tema tentang memperkuat diplomasi pertahanan untuk membicarakan tantangan dan ancaman keamanan bersama atau "Strengthening Defense Diplomacy to Address Common Security Challenges". Tema ini diangkat untuk menjawab tantangan keamanan global dan dinamika lingkungan strategis pada tingkat regional maupun global. 
     
Kehadiran Wiranto itu untuk mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir untuk membuka seminar ini. 
     
"Saya mewakili Presiden Jokowi yang sedianya akan hadir dalam pembukaan seminar IIDS, namun karena kesibukan beliau yang sangat padat, maka saya ditunjuk untuk membuka seminar ini," kata Wiranto. 
     
Ia berharap dengan seminar yang menghadirkan para pakar pertahanan dunia dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang positif bagi kebijakan-kebijakan strategis pertahanan. 
     
Menurut dia, sejak bangsa Indonesia didirikan, Indonesia telah berkomitmen untuk ikut dalam perdamaian dunia, dimana tercantum dalam UUD 1945.
       
"Tema yang diusung ini sangat relevan dengan amanat konstitusi. Dimana,  diplomasi pertahanan merupakan salah satu cara menciptakan perdamaian," katanya. 
     
Menko Polhukam menegaskan perdamaian dunia harus diperjuangkan untuk diwujudkan. Oleh karena itu,  dibutuhkan komitmen yang tinggi, kerja keras yang berkelanjutan.
     
Rektor Universitas Pertahanan, Letjen TNl Dr. Yoedhi Swastanto menyampaikan bahwa IIDSS merupakan seminar lnternasional yang diadakan dalam rangka mengatasi tantangan keamanan global ditinjau dari perspektif diplomasi pertahanan.
     
"Seminar IIDSS juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pertahanan," katanya. 
     
Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan, Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian sebagai Ketua llDSS menjelaskan, seminar ini bertujuan untuk menggali pemikiran-pemikiran baru dari para ilmuwan, dan di dalam pelaksanaannya mencermati tatanan global sebagai alternatif pengelolaan tatanan yang lebih adil guna menjamin keamanan dan kesejahteraan global. 
     
Menurut dia, ada tiga sasaran seminar IIDSS kali ini, yakni sukses akademik, sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan, berfokus pada pencapaian pengakuan ilmu pertahanan sebagai disiplin ilmu setara dengan rumpun ilmu lainnya secara nasional dan internasional sekaligus diakuinya kemampuan Unhan dalam menyelenggarakan event internasional yang memiliki standar tinggi. 
     
Terdapat 24 orang pembicara yang terdiri dari 14 pakar dari luar negeri, 3 dari organisasi internasional den 7 dari Indonesia. Pembicara luar negeri berjumlah 2 orang dari Amerika Serikat, 2 dari Rusia, 2 dari Inggris, 1 dari Australia, 1 dari India, 1 dari Jepang, 1 dari Cina, 1 dari Bulgaria, 1 dari Bangladesh, 1 dari Filipina, 1 dari Malaysia, 1 dari lAEA, 1 dari ASEAN, den 1 dari lORA. 
     
IIDS akan lebih menarik serta berkembang lebih besar lagi dengan pokok bahasan. Tema tersebut adalah global diplomacy on non proliferation of weapons of mass destruction (WMD), kejahatan transnasional yang terorganisasi, terorisme dan ancaman separatisme, pengembangan sumber daya berkelanjutan, penanganan bencana dari berbagai negara, dan perang media massa.
       
Salah satu subtema seminar internasional ini adalah tentang senjata pemusnah massal.  Perwakilan militer Rusia, Kolonel Nikolay V Nikolayuk yang akan menjelaskan pengalaman negaranya menangani persoalan tersebut.
     
Octavian menambahkan, Universitas Pertahanan dari negara lain yang hadir adalah dari Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru, dari Thailand hadir sebagai universitas yang berafIliasi bidang pertahanan serta dari universitas seluruh Indonesia, sejumlah 24 universitas antara lain dari Ul, ITB, lPB, UGM dan lainnya
     
Total peserta seminar internasional ini diikuti oleh lebih dari 1.000 orang peserta, terdiri dari perwakilan seluruh kedutaan dan konsulat negara lain serta organisasi internasional yang bermarkas di Jakarta.
     
Seminar juga dihadiri oleh Atase Pertahanan negara sahabat, seluruh kementerian dan lembaga yang terkait dengan aspek pertahanan, Mabes TNl, Mabes ketiga Angkatan dan Mabes Polri. Selain itu juga dihadiri oleh lembaga pendidikan TNl, Polri dan Pusdiklat dari beberapa kementerian, serta beberapa lembaga think tank.

Baca juga: Seminar IIDS hadirkan sebelas pakar pertahanan dunia

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018