Tangerang, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur mendapat dukungan dari insan koperasi untuk mengikuti pemilihan presiden tahun depan.

"Kita harus tahu bahwa itu namanya Dekopin adalah mewadahi koperasi, pegiat koperasi di seluruh Tanah Air. Saya kira alhamdulillah," katanya pada acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan dukungan dari insan koperasi merupakan hal yang patut disyukuri, terlebih koperasi berperan penting dalam sistem ekonomi Indonesia.

"Apapun sistem ekonomi, gotong royong sistem yang sebetulnya paling cocok di Indonesia," kata Jokowi, yang ingin membuat kebijakan untuk mendukung kemajuan koperasi.

"Perlu kita lihat, detail injeksi di sebelah mana sehingga tumbuh lebih cepat," ia menambahkan.

Presiden yakin koperasi Indonesia bisa besar jika dikelola dengan baik. "Kalau swasta (bisa) besar koperasi juga bisa. Maka saya beri contoh Fonterra di New Zealand. Contoh seperti itu kita jadikan acuan, koperasi kita bisa sebesar itu," katanya.

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengajak insan koperasi di Indonesia mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

"Sebentar lagi tahapan Pilpres akan berjalan. Dan kami insan koperasi Indonesia mendoakan dan mendukung agar Bapak Ir Joko Widodo tetap memimpin negeri ini," kata Nurdin Halid saat menyampaikan laporan dalam acara tersebut.

Baca juga: Ketua Dekopin ajak insan koperasi dukung Jokowi di Pilpres 2019
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018