Jakarta (ANTARA News) - Atlet lari Lalu Muhammad Zohri mencuri perhatian warganet setelah dia mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan internasional.

Zohri meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 di Tampere, Finlandia, dalam waktu 10,18 detik. Zohri mengungguli dua atlet asal Amerika Serikat yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Ucapan warganet untuk Zohri membanjiri media sosial, di Twitter nama "Lalu Muhammad Zohri" dicuit lebih dari 7.900 kali siang ini, menjadikannya di urutan atas di trending topik Indonesia. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan salah satu dari warganet yang turut mencuitkan rasa bangga untuk Zohri siang ini.

"Dia tak diperhitungkan. Tak jadi sorotan utama kamera menjelang pertandingan. Lalu, dia melesat melewati nama-nama tenar dunia. Dia menang... dan kata Indonesia diserukan berulang-ulang. Nama Lalu Muhammad Zohri, nama Indonesia membahana," kata @aniesbaswedan.
 
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri meluapkan kegembiraannya seusai berhasil menjadi yang tercepat pada nomor lari 100 meter pada ajang IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). Zohri berhasil meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat 10,18 detik, diikuti dua pelari AS Anthony Schwartz (10,22 detik) dan Eric Harrison (10,22 detik). Sepanjang sejarah penyelenggaraan IAAF World U20 Championships selama 32 tahun, penampilan terbaik atlet Indonesia yaitu finis posisi ke-8 sesi heats nomor lari 100m pada tahun 1986. (ANTARA /REUTERS/Lehtikuva)


Warganet lainnya mencuitkan nama Zohri diikuti dengan emoji piala atau bendera Merah-Putih, tidak sedikit yang menulis "bangga, Lalu Muhammad Zohri" untuk mengapresiasi kemenangan sang atlet.

"So proud of Lalu Muhammad Zohri! 2020 olympic maybe?" cuit seorang warganet bernama @AndhikaWasistha.

Bersamaan dengan ucapan selamat, foto dan video Zohri di kejuaraan tersebut juga ramai diunggah di media sosial, upaya warganet agar prestasi Zohri menyebar luas.

Nama Zohri tidak hanya menjadi perbincangan warganet di media sosial, dia juga menjadi pemberitaan media daring siang ini berkat pencapaiannya di kancah atletik dunia.

Baca juga: Pelatih sudah prediksi bakat Lalu Muhammad Zohri sejak 2016

Baca juga: Pelatih sudah prediksi bakat Lalu Muhammad Zohri sejak 2016

Baca juga: Jokowi bangga Muhammad Zohri juara dunia atletik U-20


Baca juga: Lalu sabet juara dunia lari 100 meter

Baca juga: Video Lalu Muhammad Zohri menjadi juara Dunia Lari 100 meter putra U-20

Baca juga: Menko Puan apresiasi Zohri juara dunia lari 100m

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018