Jamaah haji kloter pertama berangkat dari lima embarkasi

Jamaah haji kloter pertama berangkat dari  lima embarkasi

Arsip Foto. Jamaah haji asal Padang melambaikan tangan kepada keluarga mereka menjelang keberangkatan kloter pertama di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatra Barat, Jumat (28/7/2017). (ANTARA /Iggoy el Fitra)

Jakarta (ANTARA News) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama akan berangkat dari lima embarkasi di Indonesia pada 17 Juli menurut Kepala Seksi Pelayanan Transportasi Udara Kementerian Agama Edayanti Dasril.

"Untuk pemberangkatan pada 17 Juli 2018, total ada 11 kloter yang akan diterbangkan melalui pesawat di lima embarkasi," kata Edayanti di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan jamaah haji kloter awal akan berangkat dari Embarkasi Surabaya/SUB (tiga kloter), Padang/ PDG (satu kloter), Lombok/ LOP (satu kloter), Solo/ SOC (empat kloter), Jakarta-Pondok Gede/JKG (satu kloter) dan Makassar/ UPG (satu kloter).

"Total ada 4.486 calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 17 Juli," kata dia.

Edayanti menjelaskan bahwa total ada 13 embarkasi pemberangkatan jamaah haji di Indonesia pada musim haji 2018, yakni Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Palembang (PLM), Padang (PDG), Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG) dan Lombok (LOP).

Dia mengatakan pemberangkatan jamaah haji akan dilakukan dua tahapan. Pada gelombang pertama, 17-29 Juli, jamaah akan diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Selanjutnya, selama 30 Juli sampai 15 Agustus, jamaah haji gelombang berikutnya diberangkatkan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Baca juga: Tim taktis petugas haji terbang ke Saudi
Baca juga: Kemenag: visa haji untuk 118 kloter sudah siap

 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar