... akan muncul opsi dengan dua pilihan: "Anda memiliki pelat nomor genap" dan "Anda memiliki pelat nomor ganjil...
Jakarta (ANTARA News) - Fitur perluasan ganjil-genap sebagai dampak perhelatan Asian Games 2018 telah tersedia di Google Maps.

Kebijakan ganjil genap di jalan arteri DKI Jakarta dari semula hanya di Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, diperluas hingga Jalan Benyamin Sueb, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan S Parman, Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, dan Jalan Metro Pondok Indah.

Kebijakan ganjil genap ini diperuntukkan bagi kendaraan pribadi dan berlaku setiap hari Senin-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.

Baca juga: Rute ganjil-genap Asian Games tersedia di Google Maps

Sebelum menggunakan aplikasi Google Maps, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi terlebih dahulu untuk dapat menjalankan fitur tersebut.

Setelah membuka aplikasi, pilih mode berkendara dengan mobil, lalu masukkan alamat tujuan. Kemudian, pilih opsi Petunjuk Arah.

Google Maps akan menunjukkan rute tercepat sesuai dengan kondisi lalu lintas saat ini. Namun, ada yang berbeda di bawah fitur opsi berkendara -- terdapat banner tambahan untuk menghindari jalan khusus pelat ganjil/genap.

Setelah menekan banner tersebut, akan muncul opsi dengan dua pilihan: "Anda memiliki pelat nomor genap" dan "Anda memiliki pelat nomor ganjil." Dua pilihan itu akan menampilkan rute yang berbeda sesuai dengan ketentuan ganjil-genap.

Misalnya, hari ini adalah tanggal 12 atau genap, maka jika memilih opsi pelat nomor genap, Maps akan menunjukkan rute biasa tercepat. Sebaliknya, jika memilih opsi pelat nomor ganjil, maka Maps akan menunjukkan rute yang menghindari ruas jalan kebijakan ganjil-genap.

Saat ANTARA News menjajal menuju Kota Kasablanka dari Jalan Wahid Hasyim, opsi pelat nomor genap akan memilihkan rute melalui Jalan Rasuna Said, sedangkan opsi pelat nomor ganjil akam memilihkan jalur lain yang sedikit lebih jauh untuk menghindari Jalan Rasuna Said.

Berikut ini adalah video demonstrasi yang menampilkan cara pakai fitur ganjil-genap Asian Games di Google Maps.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018