Piala Dunia 2018

Tim Inggris dipuji bak pahlawan

Tim Inggris dipuji bak pahlawan

Pendukung Inggris bereaksi pada pemutaran di luar ruangan di Hyde Park di London tengah saat Inggris kalah di semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Moskow (11 Juli 2018). (Tolga AKMEN / AFP)

London (ANTARA News) - Tim nasional Inggris asuhan Gareth Southgate dipuji bak pahlawan media Inggris, yang lebih menyoroti pencapaian ketimbang pahitnya tersingkir di semifinal Piala Dunia pada Rabu.

Harapan-harapan Inggris untuk mencapai final kedua mereka di Piala Dunia dihancurkan Kroasia, ketika Mario Mandzukic mencetak gol penentuan saat menang 2-1 melalui perpanjangan waktu untuk pasukan Zlatko Dalic pada Rabu.

Meski gagal untuk memaksimalkan hal yang disebut-sebut sebagai peluang terbaik untuk mencapai final sejak 1966, media Inggris memuji tim itu sebagai pahlawan di mana Mirror Sport menyebut mereka sebagai "Harta Karun Nasional," sedangkan The Daily Mail memuji upaya mereka.

Halaman depan The Telegraph meminta timnas Inggris untuk "Menegakkan kepala," sedangkan The Guardian menangkap nuansa hati penggemar Inggris dengan menulis "Rasa sakit akan berlalu."

Nuansa optimistis yang menyebar jauh dari kesedihan seperti saat Inggris tersingkir dari Piala Eropa 2016, ketika tim dan pelatih saat itu Roy Hodgson mendapat kritik tajam karena penampilan mengecewakan mereka di kompetisi akbar itu.

Upaya gagah berani Inggris juga memicu pujian dari Pangeran William, yang mengatakan penampilan tim telah memberikan "sesuatu untuk diyakini" kepada para penggemar.

Tim mendapat dukungan dari berbagai pengamat, pesohor, dan mantan pemain, termasuk Gary Neville, Jamie Carragher, dan Jermain Defoe.

"Tim ini telah membawa kami ke tempat yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Inggris tidak pernah tampil lebih baik daripada yang diharapkan, namun tim ini mampu mencapai semiifinal," kata Neville, komentator ITV.

"Tiga pekan silam, bahkan tidak ada hubungan dengan tim sepak bola Inggris. Orang-orang melihatnya dengan semacam putus asa. Sekarang, semua orang mencintai tiga pekan terakhir dan semua orang dapat bangga terhadap hal itu."

Manajer Manchester United Jose Mourinho juga memuji timnas Inggris.

"Ini adalah tim muda, mayoritas pemainnya akan bermain di Piala Dunia selanjutnya dengan lebih banyak pengalaman di level klub," kata pria Portugal itu kepada RT.

"Jika saya mengurusi FA maka tidak diragukan lagi bahwa saya akan mempertahankan Gareth Southgate dan Steve Hollamd, dan memberi mereka kesempatan untuk membawa tim ke Piala Eropa dan Piala Dunia berikutnya."

Penyerang Inggris Marcus Rashford memberi pujian kepada manajer Southgate.

"Anda mendatangkan kembali keyakinan dan cinta kepada sepak bola. Terima kasih bos dari seantero negeri," tulis pemain 20 tahun itu melalui Twitter dengan memasang foto dirinya merangkul sang pelatih Inggris. Demikian laporan Reuters.

(H-RF/B015)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar