counter

Asian Games 2018

Transjakarta siapkan 416 armada tambahan untuk Asian Games 2018

Transjakarta siapkan 416 armada tambahan untuk Asian Games 2018

Bus Transjakarta yang di badannya menyematkan iklan promosi Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memastikan penambahan 416 unit armada bus yang disiapkan oleh PT Transjakarta untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Penyediaan armada Transjakarta yang terdiri dari 116 unit bus bermerek Volvo dan sisanya Scania tersebut merupakan hasil kerja sama Transjakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Swedi.

"Kita akan mengoperasikan 116 bus Volvo yang mudah-mudahan bisa menambah armada dan meningkatkan jumlah ridership di Transjakarta. Sekarang kita sudah mencapai 580.000 penumpang per hari. Kita akan tingkatkan menjadi 600.000 penumpang, mungkin minggu depan, karena sudah masuk sekolah," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Sandiaga juga sempat mencoba langsung menumpangi bus Transjakarta ditemani Duta Besar Swedia untuk Indonesia  Johanna Brismar Skoog dan Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono.

Ia berharap penambahan armada bus Transjakarta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di program One Karcis One Trip (OK OTrip).

"OK OTrip sekarang masuk ke dalam tahap finalisasi. Kita ingin tingkatkan jumlah dari para operator yang terlibat. Karena Pak Gubernur (Anies Baswedan) sudah menetapkan bulan ini sebagai bulan yang sangat strategis untuk kepastian meningkatkan ridership kita ke 1 juta akhir tahun ini," kata Sandiaga.

Baca juga: Panitia Pelaksana Asian Games 2018 pastikan undian Asian Games tetap

Baca juga: Cara pakai fitur ganjil-genap Asian Games 2018 di Google Maps

Baca juga: Bisnis penyewaan mobil diperkirakan tumbuh 200 persen


Dirut Transjakarta Budi Kaliwono menegaskan pengerahan armada baru memang digunakan untuk operasional Transjakarta masa depan, namun jadwal kedatangannya disesuaikan dengan pelaksanaan Asian Games 2018.

"Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru. Jadi, selain Volvo, kita juga ada Scania 300 unit. Dan Scania ini juga buatan Swedia. Jadi, memang kerja sama dengan pemerintahan Swedia. Bus sekarang sudah operasi 1.600 nanti pada Asian Games menjadi 2.000 unit," pungkas Sandiaga.

Baca juga: Presiden sebut kemenangan Zohri picu semangat hadapi Asian Games 2018

Baca juga: Renminbi Piala Dunia mengalir hingga Asian Games?

Baca juga: Cabang olahraga favorit Iqbaal Ramadhan di Asian Games 2018

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar