PBB, New York (ANTARA News) - Dana Reaksi Darurat Sentral PBB (CERF) pada Kamis (12/7) mengucurkan 15 juta dolar AS untuk segera meningkatkan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi di Ethiopia.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan meskipun langkah baru untuk mewujukan penyatuan dan perujukan di bawah pimpinan Perdana Menteri Abiy Ahme telah menarik banyak antusiasme, dampak dari ketegangan antar-masyarakat menjadi tantangan buat pemimpin baru tersebut.

Hampir satu juta orang kehilangan tempat tinggal dan memerlukan bantuan darurat, terutama selama musim hujan tahun ini. Sekjen PBB mengatakan sangat penting untuk segera bertindak, demikian seperti dilaporkan Xinhua.

Alokasi CERF akan memungkinkan mitra kemanusiaan meningkatkan bantuan penyelamat nyawa dalam menunjang respons yang dilakukan pemerintah.

Lebih dari 36.600 orang akan menerima bantuan gizi mendesak, sebanyak 600.000 orang diberi air, layanan kesehatan dan kebersihan, 71.200 rumah tangga akan menerima barang perlengkapan non-makanan dan 175.000 orang akan memperoleh manfaat dari layanan perawatan kesehatan.

(Uu.C003)
 

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018