Bandung (ANTARA News) - Gambar "Alphabet Car" karya Xylone Margareth Andariska asal Surabaya terpilih mewakili Indonesia untuk tampil pada Global Ceremony 12th Toyota Dream Car Art Contest, Agustus 2018, di Jepang.

Xylone yang masih berusia tujuh tahun mengatakan, ide menggambar Mobil Alphabet muncul agar anak-anak lebih mudah belajar membaca.

"Dahulu tidak semua anak bisa membaca, makanya saya menggambar Alphabet Car. Semoga bisa mudah membaca," kata Xylone saat didampingi orang tuanya dan juri di Taman Lalu Lintas Bandung, Rabu.

Direktur Toyota-Astra Motor, Darmawan Widjaja, mengatakan bahwa karya Mobil Alphabet dari Xylone merupakan bentuk dari kebebasan berekpresi yang murni dari ide anak-anak.

Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest merupakan kontes menggambar mobil impian masa depan bertaraf internasional bagi anak-anak dan remaja di bawah usia 15 tahun.

TAM secara berkelanjutan menyelenggarakan lomba menggambar TDCAC sebagai dukungan besar terhadap pengembangan bakat seni dan kreativitas generasi muda di Indonesia.

"Toyota senantiasa memberikan kontribusi di bidang sosial sebagai wujud dari semangat Toyota Berbagi. Melalui TDCAC, diharapkan dapat memfasilitasi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan menggambar, serta menumbuhkan kesadaran mereka akan pentingnya pelestarian lingkungan," ujar Darmawan.

TDCAC merupakan inisiatif Toyota Group secara global dalam merangsang kreativitas anak-anak usia sekolah yang dilaksanakan sejak tahun 2004 dan memasuki penyelenggaraan ke-12 pada tahun ini.

Rangkaian kegiatan TDCAC ke-12 secara global sudah berlangsung sejak pengujung tahun 2017 lalu. Di Indonesia, rangkaian TDCAC dimulai dari program sosialisasi pada November 2017 hingga Januari 2018, dan tahap akhir pengumuman pemenang dilakukan di bulan Juli 2018.

Sama dengan tahun sebelumnya, TDCAC kali ini terbagi menjadi 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk usia antara 12—15 tahun.

Meningkat

Penyelenggaraan TDCAC 2018 mendapatkan animo semakin besar dari anak-anak Indonesia, terlihat dari jumlah karya yang masuk ke panitia sebanyak 10.805 karya, meningkat 62 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 6.720 gambar.

Darmawan berharap di masa depan semakin banyak anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam lomba ini sehingga mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas melalui proses menggambar mobil impian.

Adapun juri TDCAC adalah Nasril Syahrial dari Kementrian Pendidikan Nasional, Sigit Purnomo Visual Editor di Kids Magazine, Shahnaz Haque public figure dan pemerhati anak-anak, Anto Motulz pakar menggambar dan media sosial, serta perwakilan dari manajemen Toyota-Astra Motor.

Baca juga: Toyota ajak pemuda berkompetisi ide mobil masa depan di kancah global

Terpilih tiga pemenang dari masing-masing kategori usia, yaitu kategori di bawah 8 tahun, kategori usia 8—11 tahun, serta kategori usia 12—15 tahun.

Selain sembilan pemenang tersebut, juga terdapat pemenang kategori Inspiration Award dan Indonesian Theme. Serta pengumuman satu karya yang menjadi perwakilan Indonesia berkompetisi di tingkat global di Jepang.   

Jika terpilih sebagai pemenang di tingkat global, perwakilan Indonesia ini akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony of the 12th Toyota Dream Car Art Contest pada Agustus 2018.

Baca juga: Bocah ini imajinasikan ada mobil pemberantas teroris

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah 6 kali berpartisipasi pada ajang ini, yaitu tahun 2008, 2011, 2012, 2015, 2016, serta 2017, dan Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award.

Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori Bronze Award. Pada 2015, berhasil meraih 2 kemenangan untuk Bronze Award. Pada tahun 2016, satu predikat Silver Award, dan pada tahun 2017 berhasil meraih gelar 3 gelar yaitu Engineering Inspiration Award, Silver Award, serta Encouragement Award.

Baca juga: Sambut hari anak, Toyota gelar festival dan kelas seni

Baca juga: 10 merek mobil terlaris semester pertama 2018

Para pemenang TDCAC 2018 di Indonesia:

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):
1.    Xylone Margareth Andariska asal Surabaya
Judul karya : Alphabet Car
2.    Rayhan Axel Rich asal Jakarta
Judul karya: Honey Car
3.    Rajata Albee Prasetya asal Jakarta
Judul karya: Orangutan Rescue Car

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):
1.    Husna Hafishah Hapsari asal Yogyakarta
Judul karya: Bamboo Car
2.    Ellena Lauretta Susanto asal Jambi
Judul karya: Time Travel Car
3.    Sherly Vermont Qwerni asal Jakarta
Judul karya: Toyota Disabled Car

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):
1.    Sherine Kiatandi asal Jakarta
Judul karya: Toyota Peace & Unity Car
2.    Michiel Filisia Ivansius asal Sumatera Selatan
Judul karya: Flower Car for Our Parents
3.    F. Jonathan asal Jakarta
Judul karya: Toyota Cardiac Plaque Cleaner Car (Toyota CPC Car)

Penghargaan khusus:
1.    Indonesia Theme    : Rajata Albee Prasetya
2.    Inspiration Award    : Sherine Kiatandi
3.    Finalist Global Award    : Xylone Margareth Andariska.
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018