Manado (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) turut menyemarakkan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia dengan memasang ornamen pesta olahraga se Asia tersebut.

"Kami memasang baliho dan ornamen-ornamen Asian Games di Bandara Samrat," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Minggus Gandeguai di Manado, Jumat.

Minggus mengatakan walaupun kegiatan Asian Games 2018 tidak dilakukan di Provinsi sulut, setidaknya semua tamu yang masuk dari Bandara Samrat akan tahu bahwa perhelatan tersebut digelar di Indonesia.

"Tamu domestik mungkin tahu kegiatan tersebut, namun tamu asing yang datang berwisata di Sulut akan tersosialisasi dengan melihat baliho dan ornamen Asian Games yang terpajang di bandara," katanya.

Apalagi, katanya, wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sulut semakin banyak dari waktu ke waktu.

"Selain wisman asal China juga ada dari Malaysia, Singapura, Jerman, Amerika dan sebagainya datang ke Sulut," jelasnya.

Apalagi, katanya wisman yang dari luar Asia, diharapkan akan tahu melalui ornamen tersebut.

Secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten.

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus.

Indonesia disetujui menjadi tuan rumah Asian Games XVIII oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia pada 19 September 2014. Penyelenggaraan Asian Games XVIII yang awalnya akan diadakan pada tahun 2019 kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindari pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Indonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

(KR-NCY/G004)

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018