Kami bisa mengimbangi permainan Persis, padahal secara materi kami kalah dibanding tim tuan rumah."
Solo (ANTARA News) - Tim Persis Solo berhasil meraih tiga poin setelah mengalahkan Persibat Batang dengan skor 2-1 dalam pertandingan lanjutan kompetisi Liga 2-2018 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Persis menjamu Persibat dengan disaksikan sekira 20.000 penonton, baik pendukung tim tuan rumah maupun tamu. Kedua tim memperlihatkan permainan yang berjalan ketat dan menarik karena kedua kesebelasannya saling menyerang ke pertahanan lawan.

Pada awal babak pertama, Persis lansung menekan ke pertahanan lawan dengan bola-bola pendek yang diperagakan duet strikernya, Johan Yoga dan Tri Handoko. Keduanya sering merepot pertahanan lawan.

Pada menit keempat, Persis mencetak gol melalui tendangan keras Johan Yoga dengan memanfaatkan umpan Ikhwan Azka, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Persis yang sudah unggul makin termotivasi untuk menekan lawan, dan beberapa peluang telah terjadi, antara lain menit 27 melalui sundulan kepala Tri Handoko, tetapi bola mampu ditangkap kiper Persibat Eko Harno yang bermain lugas.

Pada menit 37, Persis kembali mendapat peluang melalui sundulan kepala Ikhwan Citadi dari tendangan pojok yang dilakukan Bayu Andra, tetapi bola ke samping gawang Persibat. Kedudukan 1-0 untuk Persis masih bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim kebanggaan masyarakat Solo dikejutkan serangan balik cepat oleh Persibat pada menit 50, dan terjadi kemelut di depan gawangnya yang dijaga Galih Sudaryono. Pemain Persibat Busari berhasil mencetak gol menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kemudian, Persis kembali bangkit mengambil inisiatif serangan dengan menekan dari berbagai sektor ke pertahanan lawan, dan Ihkwan Azka pada menit 52 berhasil mencetak gol dengan sundulan kepala, sehingga timnya kembali unggul 2-1.

Gol itu berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Bayu Andra yang disambut secara baik melalui sundulan Azka ke gawang Persibat.

Bahkan, Persis pada menit 86 mendapat peluang menambah gol melalui Dedi Cahyono yang tinggal berhadapan dengan kiper Persibat, tetapi bolanya melenceng tipis ke kanan gawang lawan.

Kedudukan 2-1 untuk tuan rumah bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan Priyadi Liska (Riau) meniup peluit panjang tandan babak kedua berakhir.

Pelatih Persibat Batang Daniel Roekito mengatakan pertandingan Persis melawan Persibat cukup berimbang meski akhirnya timnya kalah dengan skor 2-1.

"Kami bisa mengimbangi permainan Persis, padahal secara materi kami kalah dibanding tim tuan rumah," kata Daniel.

Adapun pelatih Persis Solo Jafri Sastra mengatakan timnya melawan Persibat bukan pertandingan yang mudah, tetapi bersyukur timnya akhirnya menang denganmeraih tiga poin penuh.

"Kami sengaja mengubah strategidi babak kedua dengan melakukan rotasi pemain. Hal ini, untuk menjaga kondisi fisik karena jadwal kompetisi sangat padat," demikian Jafri.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018