Pelaksanaan ujian SM Undip pada Sabtu, 14 Juli 2018 yang berlangsung di 20 kota, antara lain Semarang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Batam, dan Palembang,"
Semarang (ANTARA News) - Universitas Diponegoro Semarang menyebutkan jumlah peserta jalur seleksi mandiri yang dibuka perguruan tinggi negeri tersebut pada tahun ini mencapai 31.160 orang.

"Jumlah peserta SM Undip pada tahun ini memang meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 31.160 peserta," kata Wakil Rektor I Undip Prof Muhammad Zainuri di Semarang, Jumat.

Jumlah sebanyak itu, kata dia, terbagi atas 19.880 peserta untuk program studi sains dan teknologi (saintek) dan 11.730 peserta untuk program sosial dan humaniora (soshum).

Pada SM Undip 2017, kata Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip itu, jumlah pendaftar hanya 26.186 orang, sedangkan pada 2016 jumlah pendaftar SM Undip 21.358 orang.

?Artinya, kata dia, terjadi peningkatan peminat Undip melalui SM dari tahun ke tahun meski pada tahun ini SM Undip tidak membuka kelompok campuran, melainkan hanya kelompok saintek dan soshum.

"Pelaksanaan ujian SM Undip pada Sabtu, 14 Juli 2018 yang berlangsung di 20 kota, antara lain Semarang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Batam, dan Palembang," katanya.

Berkaitan dengan daya tampung dari jalur mandiri, kata dia, pada tahun ini Undip mengalokasikan kuota 30 persen dari total daya tampung PTN tersebut 8.331 orang.

Zainuri menjelaskan sebenarnya dari jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) sudah diterima 2.396 pendaftar, akan tetapi ada 38 pendaftar di antaranya yang tidak melakukan daftar ulang.

"Akhirnya, kuota yang tidak terpenuhi itu dialihkan ke jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Dari SBMPTN sudah diterima sebanyak 3.596 pendaftar, tetapi bisa saja ada yang tidak daftar ulang," katanya.

Dari hasil penghitungan kuota, termasuk kemungkinan adanya pendaftar yang tidak daftar ulang, lanjut dia, Undip memperkirakan jumlah mahasiswa dari jalur mandiri hampir sama dengan SBMPTN.

"Berdasarkan ketetapan pemerintah, surat keputusan daya tampung calon mahasiswa baru bisa berubah sesuai fase. Tetapi kuotanya harus tetap 30 persen dari total daya tampung," katanya.

Pada SM Undip 2018, kata dia, terdapat 52 program studi dari 11 fakultas yang ditawarkan dengan komposisi 17 prodi dari kelompok soshum dan 34 prodi dari kelompok saintek.

Baca juga: Unnes targetkan 15.000 lebih pendaftar seleksi mandiri
Baca juga: Unhas: tidak ada penambahan kuota jalur mandiri
Baca juga: 11.622 peserta ikut seleksi mandiri UNY


(KR-ZLS/M029)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018