Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tiga orang lagi pada Jumat (13/7) malam sehingga total telah mengamankan 12 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) anggota DPR.

"Tadi malam, tim kembali mengamankan tiga orang lainnya dan kemudian dibawa ke kantor KPK sehingga total yang diamankan adalah 12 orang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu, menambahkan penyidik sedang memeriksa intensif ketiga orang itu.

"Tiga orang dari pihak yang masih terkait denggan anggota DPR yang diamankan kemarin. Mereka dinilai mengetahui bagian dari rangkaian peristiwa dalam kasus ini," katanya.

Sebelumnya, KPK mengamankan sembilan orang yang terdiri dari anggota DPR serta staf ahli, swasta, dan sopir. Anggota DPR berinisial ES yang ditangkap bertugas di Komisi VII DPR, yang membidangi sektor energi sumber daya mineral; riset dan teknologi; serta lingkungan hidup.

Dalam operasi itu, tim KPK juga mengamankan uang Rp500 juta.

"Memang terkonfirmasi ada dugaan transaksi terjadi antara pihak swasta dengan penyelenggara negara. Ada dugaan penerimaan uang baik langsung maupun tidak langsung pada penyelenggara. Sejauh ini kami duga terkait dengan kewenangan anggota DPR dari Komisi VII," ujar Febri.

Baca juga: KPK amankan anggota DPR ES
Baca juga: Sembilan orang yang ditangkap dalam OTT KPK diperiksa intensif

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018