Jakarta (ANTARA News) - Belgia meninggalkan sejumlah catatan seusai merebut juara ketiga Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Inggris 2-0 di St Petersburg, Rusia, Sabtu malam.

Dilansir FIFA, Eden Hazard terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan (man of the match) karena menyumbang gol kedua Belgia pada menit 82 yang meruntuhkan harapan Inggris untuk menyamakan kedudukan.

Juara ketiga Piala Dunia merupakan prestasi terbaik dalam sepak bola Belgia, negara yang terakhir kali mendapatkan posisi keempat pada Piala Dunia 1986.

Baca juga: Belgia juara ketiga Piala Dunia 2018

Berikut catatan dan statistik dilansir Opta:

- Sejak Piala Dunia 1966, tidak ada pemain Belgia yang terlibat dalam proses terjadinya 7 gol seperti Eden Hazard (3 gol dan 4 assist), menyamai Jan Ceulemans (4 gol, 3 assist).

- Laga ini merupakan pertandingan ke-100 Inggris di turnamen besar (69 di Piala Dunia, 31 di Piala Eropa). Mereka menang 39 kali, imbang 32 kali dan kehilangan 29 kali.

- Thomas Meunier menjadi pemain pencetak gol ke-10 yang berbeda untuk Belgia di Piala Dunia 2018. Tim-tim lain yang memiliki 10 pencetak gol dalam satu turnamen adalah Prancis pada 1982 dan Italia pada 2006.

- Harry Kane mengakhiri Piala Dunia 2018 dengan enam gol dari enam tembakan tepat sasaran. Ia hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran dalam empat pertandingan terakhir di Piala Dunia, yaitu saat menembak penalti ke gawang Kolombia.

- Inggris kalah tiga kali pada dua pertandingan dalam satu tahun melawan lawan yang sama, Belgia. Mereka juga kalah dua kali melawan Wales pada 1936 dan dua kali atas Italia pada 1973.

- Inggris melepaskan banyak tembakan tepat sasaran dalam pertandingan ini, menyamai total tembakan pada tiga pertandingan sebelumnya sebanyak enam kali.

Baca juga: Harry Kane: Kami sudah berjuang berikan segalanya

Baca juga: Belgia menang berkat kolektivitas, bukan permainan individu

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018