Garut (ANTARA News) - Warga menemukan sebuah granat di depan toko Jalan Cimanuk kawasan kota Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu pagi, untuk selanjutnya polisi melakukan penjagaan di kawasan penemuan granat tersebut.

Tokoh warga setempat, Cucu Wahyudin mengatakan, benda diduga granat itu pertama kali ditemukan oleh pemilik toko foto copy kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Dia (penemu granat) lapor sama saya dan saya teruskan laporan ke polisi," kata Cucu di lokasi penemuan granat Jalan Cimanuk, Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul.

Ia menuturkan, lokasi penemuan benda tersebut langsung mendapatkan pengamanan dari sejumlah personel polisi dan dipasang garis polisi.

Benda itu, lanjut dia, mirip granat nanas yang terlihat sudah berkarat dengan kondisi granat masih ada penguncinya.

"Kalau saya lihat benda itu mirip granat nanas, masih ada kuncinya tapi sudah berkarat," kata Cucu.

Seorang petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Garut, Sandi mengatakan, sebelumnya benda granat nanas itu akan dibawa sekitar pukul 06.00 WIB.

Namun saat akan dibawa, kata dia, ada warga yang melarang membawa benda tersebut, hingga akhirnya dibiarkan tergeletak di pinggir jalan.

"Sama saya mau dibawa tapi ada yang melarang jangan dibawa," katanya.

Sejumlah personel polisi datang ke lokasi penemuan granat untuk selanjutnya menutup jalan yang melintasi Jalan Cimanuk.

Temuan benda berbahaya itu sempat membuat heboh warga yang melewati jalan tersebut, bahkan ada warga yang mengabadikan pengamanan benda tersebut dengan kamera ponsel. (KR-FPM).

Baca juga: Polisi selidiki penemuan ratusan peluru di Kali Sekretaris

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018