Jakarta (ANTARA News) - Tim bulu tangkis Indonesia sukses melewati rintangan pertama pada turnamen PB Jaya Raya Badminton Asia Junior Championship 2018 di GOR PB Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu setelah mengalahkan Singapura.

Berdasarkan data yang dihimpun media pada kejuaraan yang menggunakan sistem Piala Sudirman yang memainkan satu partai tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran, tim Indonesia mampu mengalahkan tim negara tetangga dengan skor telak 5-0.

Kemenangan pertama tim Indonesia yang tergabung di Grup D ini diawali oleh pasangan ganda campuran Ghifari Anandaffa Prihardika/Lisa Ayu Kusumawati setelah mengalahkan pasangan Zhii Rui Bernice Lim/ Han Zhuo Toh dua gim langsung 21-18,21-12. Kemenangan Ghifari/Lisa memompa kepercayaan diri tim Indonesia di partai berikutnya.

"Di gim pertama kami masih meraba permainan lawan. Kami juga mencoba menemukan ritme permainan yang pas. Tentu, kami senang bisa membuka keunggulan tim,” kata Ghifari dalam keterangan resminya.

Kemenangan gado-gado antara pemain PB Jaya Raya dan PB Djarum itu mampu membangkitkan semangat pemain berikutnya, terbukti Ikhsan Leonardo Imanuel juga sukses membungkam Jia Wei Joel Koh 21-13, 21-15. Hal senada juga dilakukan tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani yang mengalahkan Insiyirah Khan, 21-14,21-16.

Mengikuti jejak kempat rekannya, lasangan Ganda Putra Tanah Air Rehan Naufal Wardani/Pramudya Kusumawardana juga sukses mengalahkan Wen Xing Abel Tan/Han Zhuo Toh 21-19, 21-14. Ganda Putri Indonesia Agatha Imanuela/Siti Fadila Silva Ramadhanti sukses membungkam Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim 21-14, 21-11.

Menanggapi kemenangan telak tim Indonesia, wakil manajer tim Ricky Soebagdja mengatakan jika hal tersebut sesuai dengan perkiraan. Hasil dipertandingan pertama bakal dijadikan bekal untuk menghadali pertandingan kedua yaitu Jepang.

"Lawan Jepang nanti, anak-anak kembali dipersiapkan lagi. Beberapa ada yang diturunkan lagi, tapi ada juga yang dirombak untuk strategi," kata Ricky dalam keterangan resminya.

Berikut susunan lengkap pertandingan Indonesia melawan Jepang:

(Ganda Campuran) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Hiroki Midorikawa/Natsu Naito

(Tunggal Putra) Alberto Alvin Yulianto vs Taiki Kato

(Ganda Putra) Ghifari Anandaffa Prihardika/Pramudya Kusumawardana Riyanto vs Hiroki Midorikawa/Hiroki Nakayama

(Tunggal Putri) Stephani Widjaja vs Hirari Mizui

(Ganda Putri) Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Natsu Saito/Rumi Yoshida.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018