Makassar (ANTARA News) - Ribuan orang memadati Benteng Fort Rotterdam untuk menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2018 antara Prancis melawan Kroasia yang diselenggarakan Telkomsel melalui layar lebar menggunakan aplikasi MAXstream, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu malam.

Mereka datang dari berbagai komunitas fans sepak bola di Kota Makassar karena diundang pihak Telkomsel, selain itu bagi pengguna Telkomsel yang menggunakan aplikasi MAXstream juga bisa menyaksikan langsung pertandingan final di situs bersejarah Kota Makassar itu.

"Kita mengundang seribuan oleh anggota dari berbagai komunitas bola di Makassar termasuk pelanggan yang sudah diregistrasi ," kata Manager Digital Expansion Regional Sulawesi, Dian Prilieswaty.

Untuk aplikasi video digital MAXstream Telkomsel selama penyelenggaraan Piala Dunia 2018 berhasil didownload atau unduh tembus di angka 4 juta kali dengan 99 persen diantaranya diunduh pelanggan aktif.

"Hingga saat ini kami mencatat MAXstream sudah berhasil mengakomodasi total waktu tonton pelanggan sebanyak lebih dari dua miliar menit," sebut General Manager Youth dan Community Area Pamasuka, Riki A Setiawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Saat nonton bareng final Piala Dunia di Benteng Fort Rotterdam melalui MAXstream, kata dia, tercatat total penggunaan layanan data atau payload untuk saluran Piala Dunia di aplikasi MAXstream mencapai 6,5 Petabyte setara lebih satu juta Gigabyte.

Selama tahap penyisihan grup, lanjutnya, aksi dari kesebelasan favorit seperti Perancis, Inggris, Argentina, Brazil, Jerman dan Portugal menjadi negara favorit yang paling banyak ditonton para pengguna MAXstream.

Sementara hingga babak semifinal, pertandingan yang paling banyak ditonton pengguna MAXstream adalah laga perempat final dari kesebelasan Perancis melawan Uruguay.

Dari pertandingan tersebut berhasil menyedot perhatian 550.000 pengguna, dimana rata-rata penonton di tiap laga pertandingan adalah sebanyak 500.000 pengguna.

"Dalam kurun waktu yang sama, total pelanggan yang mengakses aplikasi MAXstream mencapai 1,1 juta per hari dengan rata-rata waktu akses selama 90 menit," beber dia. 

Selain itu pihaknya menyatakan sangat senang telah berhasil menghadirkan rangkaian pertandingan Piala Dunia 2018 kepada pelanggan langsung di ponselnya. Sehingga pelanggan bisa merasakan kenyamanan dan kemudahan ketika menikmati keseruan Piala Dunia dengan hadirnya MAXstream.

Melihat trend penggunaan aplikasi tersebut, Telkomsel akan terus mengembangkan MAXstream agar dapat memberikan pengalaman digital lifestyle yang semakin berkualitas bagi pelanggan.

Salah satunya adalah dengan menambah ragam konten video-on-demand dan saluran TV di aplikasi MAXstream, termasuk menghadirkan siaran olahraga terbaik dunia.

Manager Marketing Communications Area Pamasuka, Magdalena Irawati Ovy menambahkan, dari pengguna aktif Telkosem di wilayahnya tercatat sebanyak 35 juta pelanggan, kendati demikian hanya 14 juta yang melek atau mengerti penggunaan ponsel adroid dan belum sepenuhnya menggunakan aplikasi MAXstream.

? ? "Tentu ini diperlukan edukasi kepada pengguna ponsel utamanya berbasis android menggunakan aplikasi-aplikasi di sediakan Telkomsel, seperti MAXstream. Melihat antusias pengguna menggunakan MAXstream tentu kedepan kita tetap bekerja sama pihak ketiga menghadirkan tontonan bola usai piala dunia," katanya.?

? ? Sementara Manager Digital Expansion Regional Sulawesi, Dian Prilieswaty menyebutkan, untuk data regional, unduhan khusus MAXstream di wilayah Sulawesi Maluku dan Papua tercatat sebanyak 700 ribu, sedangkan daerah palu, kendari dan wilayah lain di Sulawesi mencapai 300 ribu. Untuk Kota Makassar mencapai 90 ribuan unduhan.? (M050).

(T.M050/B/T004/C/T004) 15-07-2018 22:52:59

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018