Jakarta (ANTARA News) - Setelah terakhir merilis lagu “Go! (I Can Be Your)” pada 2017 silam, Ramengvrl akhirnya merilis single baru berjudul “CA$HMERE” pada pertengahan tahun ini. Single ini juga menjadi rilisan pertama Ramengvrl setelah kolektif tempatnya bernaung, Underground Bizniz Club, menjalin kerjasama dengan Juni Records.
 
“CA$HMERE” dibuat oleh Ramengvrl dengan bantuan salah satu produser kepercayaannya, Dexfa, yang juga berperan besar di single sebelumnya, “I’m Da Man”. Lagu ini mencoba menampilkan ketertarikan Ramengvrl dalam mengeksplorasi sound-sound bounce ala New Orleans.
 
“Waktu itu gue lagi suka banget sound-sound yang bounce gitu. Lagi terinspirasi banget sama lagu-lagu kayak N.E.R.D, Lemon, atau G-Eazy No Limit, lagu-lagu yang langsung bikin orang yang dengar pengen dance gitu. Gue pengen banget bikin lagu yang punya impact yang sama, jadilah CA$HMERE,” jelas Ramengvrl dalam keterangan pers.
 
Proses pembuatan yang dilalui pun tidak terlalu rumit. Dexfa langsung keluar dengan beat yang sesuai dengan harapan Ramengvrl. Dengan cepat pula, Ramengvrl langsung mendapatkan inspirasi untuk membuat barisan liriknya.

“Gue bikin lagu ini lebih ke arah feel-good song gitu. Lebih bercerita, tentang kayak kondisi orang membual tentang dirinya dia sendiri, tapi lebih dengan attitude. Karena gue merasa belakangan ini banyak orang yang punya uang, sering belanja yang mahal-mahal, tapi suka lupa sama kebutuhan dasarnya,” ujar Ramengvrl.
 
Berdasarkan dari cerita itulah judul “CA$HMERE” dipilih. Berasal dari kata kasmir, atau kain wol halus yang dianggap mewakili kemewahan, sisi glamor, dan dianggap bisa mewakili cerita yang ingin disampaikan lewat lirik-liriknya.
 
Untuk rilisan ini, Ramengvrl dan Underground Bizniz Club sudah mulai bekerja sama dengan Juni Records untuk memaksimalkan potensinya. Juni Records mencoba untuk berbuat lebih banyak lagi untuk single ini. Salah satunya adalah bekerja sama dengan berbagai partner strategis untuk memaksimalkan jangkauan perilisannya.
 
“Kami mencoba untuk menjalin kerjasama dengan music publicist dan tim public relations di Amerika. Kami bekerja sama dengan Planetary Group untuk mencoba menjangkau media-media di sana dan mencoba untuk menembus radio-radio di sana juga,” ujar Adryanto Pratono, CEO Juni Records.
 
Salah satu yang sudah pasti adalah single “CA$HMERE” akan diputar dan mendapat slot premiere di situs Ones To Watch (www.onestowatch.com), di tanggal rilisnya. Selain itu, beberapa media musik seperti Pitchfork, Spin, Fader, NPR dan Stereogum pun sudah mendengar lagu tersebut.

Baca juga: .Feast rilis single baru "Peradaban"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018