counter

Pengamat: Moeldoko bisa dukung Jokowi wujudkan stabilitas

Pengamat: Moeldoko bisa dukung Jokowi wujudkan stabilitas

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum HKTI Moeldoko mengunjungi pameran Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC). (Biro Pers Setpres)

Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Haryadi menilai Moeldoko bisa membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan stabilitas nasional jika dipercaya menjadi calon pendampingnya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

"Pak Moeldoko mempunyai akseptabilitas yang tinggi lantaran berasal dari kalangan militer dan berpengalaman dalam pemerintahan. Latar belakang itu bisa membantu Jokowi untuk mewujudkan stabilitas sosial yang saat ini menjadi isu penting," kata Ade saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Keunggulan itu, menurut dia, bisa menjadi menjadi modal politik Moeldoko jika menjadi calon wakil presiden bagi Jokowi. 

Persoalannya, dia menjelaskan, Moeldoko tidak punya kendaraan politik sehingga peluangnya akan sangat tergantung pada konsensus partai-partai koalisi pendukung Jokowi.

Selain itu, ia mengatakan, "latar belakang Moeldoko akan sulit diharapkan untuk mengimbangi visi jokowi untuk mengakselerasi pembangunan, terutama sektor ekonomi."

Moeldoko, Jenderal Punawirawan TNI yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan, belakangan disebut-sebut sebagai kandidat potensial calon wakil presiden Jokowi untuk pemilihan umum tahun depan. Namanya diperkirakan masuk dalam daftar lima calon yang sedang dipertimbangkan oleh Jokowi sebagai calon wakil presidennya.

Baca juga: Pengamat: Moeldoko kurang dukungan partai
Baca juga: Jokowi akui sudah punya Cawapres 2019

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar