Jakarta (ANTARA News) - Bintang klub Liga Inggris Tottenham Hotspur Heungmin Son dipastikan masuk ke skuat tim nasional U-23 Korea Selatan yang akan berlaga di Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia mulai Agustus 2018.

Hal itu dipastikan setelah Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengumumkan 20 pemain tim nasional untuk Asian Games melalui laman media sosial resminya.

Dikutip dari laman Instagram resmi KFA @thekfa di Jakarta, Senin, Heungmin Son masuk ke dalam daftar tiga pemain yang berusia di atas 23 tahun.

Selain Son, yang kini berusia 26 tahun, para pesepak bola senior di timnas Korsel adalah penyerang Hwang Uijo (bermain di Gamba Osaka) dan kiper Jo Hyeonwoo (Daegu FC).

Masuknya nama Heungmin Son di timnas Korea Selatan tentu saja menjadi modal besar skuat asuhan pelatih Kim Hakbum untuk mempertahankan medali emas Asian Games yang terakhir kali direbut tahun 2014.

Heungmin Son sendiri sebelumnya memperkuat timnas Korea Selatan yang berlaga di Piala Dunia 2018, Rusia. Meski gagal lolos dari babak grup, Heungmin Son selalu bermain di tiga laga dan sukses mencetak dua gol.

Salah satu golnya bahkan menjadi bersejarah karena membuat Korsel mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 sekaligus memulangkan "Der Panser" dari Piala Dunia 2018.

Pada musim 2017-2018, Heungmin Son mencetak 12 gol bagi Tottenham Hotspur di Liga Inggris dari 27 penampilan dan mengantarkan klubnya merebut posisi ketiga klasemen di akhir musim.

Selain itu, pemain yang bisa berposisi sebagai penyerang maupun gelandang tersebut merupakan orang Asia dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Sebagai informasi, ada dua pemain Korea Selatan yang masuk skuat Piala Dunia 2018 di tim Asian Games 2018. Selain Heungmin Son, juga ada penyerang berusia 22 tahun Hwang Heechan.

Berikut skuat tim nasional Korea Selatan untuk Asian Games 2018.

Penjaga gawang: Jo Hyeonwoo (Daegu FC), Song Bumkeun (Jeounbuk Hyundai).

Bek: Hwang Hyunsoo (FC Seoul), Jeong Taewook (Jeju United), Kim Minjae (Jeounbuk Hyundai), Kim Jinya (Incheon United), Cho Yumin (Suwon FC), Kim Moonhwan (Busan Ipark), Lee Siyeong (Seongnam FC).

Gelandang: Lee Seungmo (Gwangju FC), Jang Yunho (Jeounbuk Hyundai), Kim Geonwoong (Ulsan Hyundai), Hwang Inbeom (Asan Mugunghwa), Kim Jungmin (FC Lefering), Lee Jinhyun (Pohan Steelers).

Penyerang: Hwang Uijo (Gamba Osaka), Heungmin Son (Tottenham Hotspur), Hwang Heechan (Red Bull Salzburg), Lee Seungwoo (Hellas Verona). 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018