Pemerintah siap selenggarakan imunisasi MR di 28 provinsi

Pemerintah siap selenggarakan imunisasi MR di 28 provinsi

Menteri Kesehatan Nila Moeloek (tengah) bersama sejumlah siswa di SDN 1 Limboto, menarikan gerakan cuci tangan di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (17/7/2018). Menteri Kesehatan mengunjungi sekolah tersebut dalam rangka edukasi tentang menjaga kesehatan sejak dini serta memberikan sejumlah bantuan kepada para siswa, sekolah dan Puskesmas. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan pemerintah siap melaksanakan imunisasi masal measless rubella (MR) di 28 provinsi luar Pulau Jawa dan Bali

"Sudah siap perkiraan 80-90 persen. Vaksin sudah siap sudah dikirim ke seluruh daerah, sarana sudah siap, tinggal pelaksanaanya tanggal 1 Agustus," kata Nila saat melakukan kunjungan kerja di Gorontalo, Selasa.

Kementerian Kesehatan juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah di 28 provinsi untuk berkomitmen dalam penyelenggaraan imunisasi campak rubela.

Sementara Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyatakan komitmennya menyukseskan imunisasi masal MR dengan menargetkan 11 ribu anak mendapatkan imunisasi.

Saat ini pemerintah daerah tengah berencana dalam melakukan sosialisasi. "Sudah ada jadwalnya. Kita akan kumpul semua sektor untuk sosialisasi, kemudian konferensi pers supaya MR bisa maksimal," kata Roni.

Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa. Roni menyatakan vaksin dan sarana imunisasi sudah dipersiapkan oleh pemerintah provinsi.

Selain itu, pemerintah daerah juga telah menganggarkan lebih dari Rp500 juta untuk pengadaan sarana rantai dingin yang baru.

Roni mengatakan perlu berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan untuk memudahkan dalam pelaksanaan imunisasi di sekolah-sekolah.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar