Jakarta (ANTARA News) - Awak kabin maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dinobatkan sebagai "The World`s Best Cabin Crew" oleh Skytrax untuk kelima kalinya atau selama lima tahun berturut-turut sejak 2014.

Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan langsung CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury, pada acara Skytrax World Airline Awards 2018 yang dilaksanakan di Langham Hotel, London, bersamaan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough International Airshow 2018 di Inggris, Selasa (17/7).

"Apresiasi tersebut tentunya memiliki arti tersendiri bagi kami di tengah beragam tantangan kinerja operasional yang dihadapi perusahaan. Garuda Indonesia berhasil membuktikan komitmennya dengan terus meningkatkan standar kualitas layanan awak kabin terbaik yang diakui dunia," kata Pahala melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Pahala mengatakan penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri karena Garuda Indonesia satu-satunya maskapai penerbangan dunia yang berhasil mempertahankan predikat The World`s Best Cabin Crew" selama lima tahun berturut-turut.

Menurut dia, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen yang berkelanjutan dan kerja keras dari karyawan-karyawati Garuda Indonesia, khususnya para awak kabin yang telah mempresentasikan layanan terbaik Garuda Indonesia Experience kepada seluruh pengguna jasa.

"Penghargaan ini sekaligus juga menjadi tantangan bagi kami semua di Garuda Indonesia ke depannya untuk terus memberikan layanan keramahtamahan Indonesia yang terbaik kepada dunia," kata dia.

Adapun penetapan Garuda Indonesia sebagai "The World`s Best Cabin Crew 2018" tersebut didasarkan pada penilaian melalui survei kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh Skytrax secara global dengan melibatkan lebih dari 18 juta penumpang.

Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 245 perusahaan penerbangan internasional, dan diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengukur 41 aspek utama terkait produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan.

CEO Skytrax, Edward Plaisted, mengatakan, penghargaan "World`s Best Cabin Crew" ini merupakan salah satu predikat yang paling bergengsi dalam dunia penerbangan.

"Garuda Indonesia telah membuktikan wujud konsistensi dalam memberikan kesempurnaan dalam pelayanan kepada seluruh penumpang," kata Edward.

Selain meraih "World`s Best Cabin Crew" untuk kelima kalinya, melalui ajang penghargaan Skytrax tersebut, Garuda Indonesia turut mempertahankan capaian sebagai Top 10 World`s Best Airline.

Ada pun keseluruhan pencapaian pada ajang Skytrax Awards tersebut turut melengkapi pengakuan dunia terhadap Garuda Indonesia yang sebelumnya juga berhasil mempertahankan status sebagai maskapai bintang lima melalui proses audit independen secara menyeluruh terhadap kinerja dan kualitas layanan maskapai tersebut.

Sebelumnya, pada 11 Juli lalu Garuda Indonesia beserta anak usahanya, Citilink Indonesia juga berhasil meraih penghargaan "TripAdvisor 2018 Travelers Choice Awards" yang diselenggarakan oleh TripAdvisor, situs perjalanan terkemuka di dunia.

Untuk kedua kalinya, Garuda Indonesia kembali dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik di Indonesia, sementara Citilink Indonesia, anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di lini layanan Low Cost Carrier mendapatkan penghargaan sebagai "Best Low Cost Airlines-Asia" untuk pertama kalinya.

Baca juga: Garuda catatkan OTP 90,23 persen saat Lebaran

Baca juga: Kementerian BUMN apresiasi karyawan Garuda batalkan mogok kerja

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018