Jakarta (ANTARA News) - Instagram dikabarkan sedang memperketat verifikasi ganda mereka, atau autentikasi dua faktor agar pengguna tidak lagi memerlukan nomor ponsel untuk mendapatkan kode.

Instagram, dilansir dari laman The Verge, membenarkan mereka sedang mengembangkan cara yang lebih aman untuk masuk ke platform mereka.

Saat ini Instagram menggunakan metode mengirim kode angka ke nomor ponsel yang terdaftar untuk masuk ke perangkat baru atau memulihkan akun. Hasil investigasi yang dimuat di laman Motherboard menunjukkan terdapat pencuri online yang mendapatkan akses secara ilegal ke nomor ponsel seseorang, lalu memasangnya ke kartu SIM baru. 

Mereka memanfaatkan cara ini untuk mengelabui layanan pelanggan penyedia jaringan seluler untuk mengeluarkan kartu SIM baru. Setelah itu, peretas akan menyalahgunakannya untuk memeras atau mengambil keuntungan dari akun media sosial korban.

Raksasa teknologi sudah mengembangkan perangkat untuk mengantisipasi kelemahan verifikasi yang memanfaatkan SMS ini, Google memakai aplikasi Authenticator yang akan memberikan kode numerik secara acak dalam waktu yang terbatas.

Facebook juga menggunakan perangkat yang mirip untuk aplikasi mereka.
 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018