Asian Games 2018

Ribuan pelajar Pekanbaru akan sambut api obor Asia Games

Ribuan pelajar Pekanbaru akan sambut api obor Asia Games

Dokumentasi - Mantan atlet tenis Indonesia, Yayuk Basuki (tengah) membawa api obor Asian Games 2018 saat arak-arakan estafet api obor tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2018). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru menyatakan ribuan pelajar SD dan SMP setempat akan terlibat menyambut kedatangan api obor Asian Games di Pekanbaru, 1-2 Agustus 2018.

"Kami lewat Dinas Pendidikan akan menyurati sekolah yang berlokasi dekat dengan acara penyambutan api obor Asian Games XVIII di Jalan Gajahmada, Pekanbaru, " kata Kepala Dispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian saat menggelar rapat persiapan penyambutan api obor Asian Games di Pekanbaru, Kamis.

Rapat tersebut dihadiri oleh para pihak terkait seperti Dispora, Humas, Polresta, Dinas Pariwisata, Dishub Komimfo, KONI, Disdik, dan sebagainya.

Zulfahmi menjelaskan pelajar ini akan dihadirkan beserta para pegawai dinas terkait, olahragawan, masyarakat dan tamu undangan lainnya di Jalan Gajahmada Pekanbaru, Kamis 2 Agustus pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Mereka akan mengisi berbagai acara kemeriahan, khususnya senam massal poco-poco, yang dipimpin instruktur terkenal.

"Kita ingin penyambutan api obor Asian Games di Pekanbaru meriah dan mencuri perhatian massa sehingga gaungnya terdengar seluruh Riau, " harapnya.

Menurut Zul, sebelum api obor diarak ke Kantor Gubernur hingga dihantarkan ke Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk menuju Bukittinggi lalu ke Puncak Lawang, akan ada berbagai acara seremoni dan penampilan budaya Melayu, seperti tarian dan paluan kompang dan pencak silat di Jalan Gajahmada.

"Adapun rute arak-arakan api obor Asian Games pada 2 Agustus di Pekannaru, yakni berangkat dari Kantor Gubernur Riau dilepas oleh Gubernur, Arsyadjuliandi Rachman, lalu bersama para pelari atlet lokal dan tim api obor akan berlari menuju Sudirman, memutar di Start City, ke arah MTQ dan Bandara SSK II Pekanbaru, " imbuhnya.

Sementara itu Kadispora Riau Doni Aprialdi menyatakan api obor Asian Games 2018 akan menginap semalam di Pekanbaru, tepatnya Rabu (1/8) di Gedung Daerah Jalan Gajah Mada sebelum bertolak ke Puncak Lawang, Bukitting, Sumatera Barat Kamis (2/8) siang.

"Riau merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start tanggal 15 Juli 2018 dari Delhi India, dan pada jalur ke-18 masuk provinsi di Indonesia," kata Doni.

Doni menjelaskan untuk proses inap api Asian Games pihaknya sudah menyiapkan lokasi di Gedung Daerah. Akan ada petugas khusus untuk penjaga api tetap menyala, karena menggunakan gas.

"Nanti api akan ditaruh pada panggung khusus yang dilengkapi dengan tempat tatakan api di Gedung Daerah," ujar Doni.

Ia menyebutkan sebelum ke Pekanbaru, api bertolak dari Sumatera Utara 1 Agustus pukul 14.00 WIB, lalu mendarat di Lapangan Udara Roesman Nurdjadin, langsung disambut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta Forkompinda.

Selanjutnya obor akan menuju Kabupaten Siak menjelang magrib, untuk dilakukan penyambutan oleh Bupati dan Uspida setempat.

"Acara kemeriahan digelar di halaman Istana Siak hingga malam harinya, yang diramaikan oleh aneka tarian, " ujar dia.

Lalu menjelang tengah malam sekitar pukul 22.00 WIB api dan tim bertolak ke Pekanbaru untuk disemayamkan hingga pagi di Gedung Daerah sebelum di arak keliling kota Kamis pagi (2/8).

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar