Jakarta (ANTARA News) - Belum puas mendendangkan lagu-lagu grup musik legendaris ABBA saat menonton film musikal “Mamma Mia” satu dekade lalu? Jika jawabannya ya, sekuel “Mamma Mia! Here We Go Again” adalah film yang tepat. 

Berlatar belakang lima tahun berselang dari film pertama, “Mamma Mia! Here We Go Again” dibuka dengan kesibukan Sophie Sheridan (Amanda Seyfried) yang sedang menyiapkan peresmian Hotel Bella Donna, bentuk perwujudan rasa cinta untuk ibunya, Donna (Meryl Streep) yang sudah meninggal dunia setahun sebelumnya. 

Donna menghabiskan seumur hidupnya di pulau kecil Kalokairi, Yunani sebagai orangtua tunggal Sophie sambil mengurus penginapan bobrok yang jadi sumber penghasilan. Sophie, yang bertekad membuat mendiang ibunya bangga, ingin pembukaan hotelnya sempurna meski Sky, sang kekasih, sedang berada di New York. 

Selain mengundang tamu-tamu istimewa, Sophie juga ingin pembukaan hotel itu dihadiri oleh ketiga ayahnya. Namun hanya Sam (Pierce Brosnan), yang menikah dengan Donna, yang bisa hadir. Bill (Stellan Skarsgård) absen karena jadwal pembukaan hotel bentrok dengan acara penghargaan yang ia terima, sementara Harry (Colin Firth) berada di Tokyo untuk urusan bisnis.
 
Mamma Mia Here We Go Again (IMDB)

Beruntung masih ada dua sahabat Donna yang menyuntikkan unsur komedi di sini, Tanya (Christine Baranski) dan Rosie (Julie Walters) yang setia berada di sisi Sophie. 

Rencana Sophie tidak berlangsung mulus, ditambah dengan perselisihan dengan Sky yang ditawari pekerjaan di New York, padahal Sophie takkan mau meninggalkan Kalokairi. 

Kisah Sophie di masa kini bergantian dengan prekuel kilas balik tentang Donna muda (Lily James) yang berjiwa petualang ketika akhirnya memutuskan untuk memilih Yunani sebagai tempat tinggal yang dicintainya. 
 
Mamma Mia Here We Go Again (IMDB)


Lily James punya porsi besar di film ini. Kepiawaiannya menyanyi dan menari menjadi nilai tambah untuk “Mamma Mia! Here We Go Again”. 

Aktingnya sanggup menghidupkan legenda masa muda Donna yang melewatkan musim panas tak terlupakan, kisah romansa yang melibatkan tiga pria menawan yang semuanya kini dianggap ayah kandung oleh putrinya.

Cerita pertemuan antara Donna dengan Harry di Paris, perjalanan menaiki kapal bersama Bill hingga mencapai Kalokairi serta kisah romantisnya dengan Sam, yang hanya dibahas selewat saja di film pertama, dibeberkan di sini. Tanya dan Rosie versi belia juga muncul dalam kilas balik, mencerminan kehidupan muda  dari duo nenek lincah yang masih kocak meski usianya sudah senja.

Penampilan Cher yang berperan sebagai nenek Sophie yang “tobat” dan ingin menjalin lagi hubungan baik dengan darah dagingnya, menjadi hal menarik yang patut dinantikan.  Durasi kemunculan Meryl Streep memang hanya sebentar, namun penampilan duetnya bersama putri semata wayangnya tetap mengesankan serta menimbulkan rasa haru.

Film kedua ini menyajikan sederet lagu-lagu ABBA yang belum muncul di film pertama, juga mengulang beberapa lagu hits yang jadi nyawa dari “Mamma Mia”. Sebagian besar lagu di sekuelnya mungkin tidak asing di telinga mereka yang cuma mengenal lagu-lagu hits seperti “Dancing Queen”, “SOS” dan “Chiquitita”. Jika demikian, coba dengarkan dulu lagu-lagu lain ABBA agar bisa ikut menyanyi di bioskop.

Baca juga: Setelah reuni ABBA segera meluncur dengan album baru
Baca juga: ABBA kembali setelah 35 tahun dengan lagu baru


 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018