Tidak karena caleg, tidak meninggalkan tugas, tetapi hanya cuti saat kampanye."
Lombok Barat (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyatakan tiga menteri dari partainya yang maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu 2019 tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan dalam Kabinet Kerja.

"Tidak karena caleg, tidak meninggalkan tugas, tetapi hanya cuti saat kampanye," katanya, di di sela-sela kunjungan kerjanya sebagai Wakil Ketua MPR di Pondok Pesantren Assulamy, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis malam (19/7).

Ada tiga menteri dari PKB yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai caleg dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjoyo.

Baca juga: PKB daftarkan tiga menterinya jadi caleg

"Kampanye durasi waktunya kan hanya berapa minggu, dua minggu, sehingga tidak meninggalkan tugas menjadi menteri," demikian Muhaimin Iskandar.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden, wapres, menteri, dan kepala daerah harus menjalani cuti di luar tanggungan negara, dan tidak boleh menggunakan fasilitas dalam jabatannya kecuali pengamanan yang sifatnya melekat.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilu 2019, masa kampanye calon anggota DPR, DPD, dan DPRD dilakukan bersamaan dengan kampanye capres-cawapres, yakni mulai 23 September 2018 hingga 23 April 2019.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018